Sabtu, 22 November 2014

HUKUM MENUNTUT ILMU




Fauziah Ahmad, S.Th.I., M. Th.I.
 

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Sebelum menerapkan hadis Nabi, terlebih dahulu harus dipahami bagaimana konsep hadis tersebut baik dari segi matan maupun sanadnya, karena tanpa memahaminya dengan baik hal tersebut akan menimbulkan penerapan yang kurang tepat bahkan dapat terjadi kesalahan. Hal yang paling urgen yang harus diperhatikan adalah ketika melihat faktor-faktor yang melatar belakangi hadis serta sejalan dengan petunjuk al-Quran dan kondisi masyarakat  pada saat itu sehingga hadis tidak lepas peranannya sebagai salah satu sumber ajaran Islam. Untuk dapat memahami kualitas sebuah hadis diperlukan metode krtik (naqd). Kritik hadis (naqd al-hadis) merupakan inti dari kajian-kajian dalam ilmu hadis. Sebab dengan kritik hadis dapat diketahui mana hadis yang shahih dan mana hadis yang tidak sahih dan berikutnya hadis yang sahih dijadikan hujjah  sedangkan hadis yang tidak sahih tidak dijadikan hujjah.[1] Salah satu hadis yang perlu dikaji adalah hadis tentang hukum menuntut ilmu. Hadis ini sangat populer di masyarakat, namun meskipun demikian tetap dilakukan kritik untuk menguji validitasnya.
Kemajuan  seseorang dapat dilihat dari perkembangan ilmu yang dimilikinya. Al-Qur’an dan hadis memerintahkan manusia untuk berilmu. Manusia mencari ilmu untuk mendapatkan kebenaran dan hal tersebut wajib dilakukannya meskipun melalui jalan dan perjuangan yang panjang serta penuh kesungguhan.[2] Oleh karena itu, hadis yang akan dikaji adalah hadis dengan lafal طلب العلم فريضة على كل مسلم .
Penelitian terhadap keorisinilan dan kevalidan suatu hadis dengan melalui tinjauan metode kritik hadis tidaklah berarti meragukan otoritas Nabi Muhammad dalam posisinya sebagai mubayyin ataupun menunjukkan sikap keraguan pada apa yang diucapkan dan dilaksanakannya, akan tetapi merupakan suatu usaha untuk menghindari munculnya penerapan hadis yang telah dipalsukan dengan berbagai kepentingan pada awal perkembangan Islam. Oleh karena itu, pembahasan mengenai hal ini sangat penting untuk dikaji, agar hadis nabi betul-betul dapat dipertanggung jawabkan kevalidannya serta menjadi rahmatan li al-’a>lami>n bagi semua makhluk.
B.   Rumusan Masalah
Berdasarkan penjelasan dalam latar belakang di atas, dapat dibuat rumusan masalah pokok bagaimana status hadis tentang azan terhadap anak yang dilahirkan dengan sub-sub masalah sebagai berikut:
1.      Bagaimana takhri>j  hadis yang menjadi objek kajian?
2.      Bagaimana hasil kritik dan status hadis tentang hukum menuntut ilmu?



BAB II
PEMBAHASAN
A. Hadis Objek Kajian  
Dalam makalah ini, hadis yang menjadi objek kajian adalah hadis tentang hukum menuntut ilmu bagi setiap orang Islam. Hadis tersebut penting untuk dikaji karena hadis tersebut menjadi primadona bagi setiap da’i ketika berbicara tentang menuntut ilmu pengetahuan. Untuk memastikan apakah hadis tersebut s}ah}i>h} atau tidak, maka penting untuk melakukan kritik sanad atau matan. Adapun hadis yang dimaksud adalah:
طلب العلم فريضة على كل مسلم...
Artinya: ”Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap orang Islam”.
B. Takhrij al-Hadis
Sebagaimana diketahui bahwa takhri>j al-hadi>s\ adalah menunjukkan posisi hadis dalam kitab-kitab sumber yang meriwayatkannya dengan menggunakan beberapa metode takhri>j al-H{adi>s\, seperti penggunaan salah satu lafaz matan hadis dengan merujuk kepada kitab al-Mu’jam al-Mufahras li Alfa>z\ al-H}adi>s\ al-Nabawi karya A J. Weinsink yang dialihbahasakan Muhamamd Fu’ad Abd al-Ba>qi<. Mencermati teks hadis yang tertera di atas, dapat digunakan beberapa lafaz seperti طلب، العلم dan فريضة.
Pencarian dengan menggunakan kata طلب ditemukan petunjuk:
طلب العلم فريضة على كل مسلم جه مقدمة 17.[3]
Jika menggunakan العلم ditemukan petunjuk yaitu:
طلب العلم فريضة على كل مسلم جه مقدمة 17.[4]
Sementara jika menggunakan kata فريضة maka ditemukan petunjuk yang sama dengan sebelumnya yaitu:
طلب العلم فريضة على كل مسلم جه مقدمة 17.[5]
Sedangkan penggunaan metode tematik dengan menggunakan kitab Mifta>h} Kunu>z al-Sunnah yang juga merupakan karya A J. Weinsink yang dialihbahasakan Muhamamd Fu’ad Abd al-Ba>qi< tidak ditemukan petunjuk tentang hadis di atas.
Dengan demikian, petunjuk yang digunakan dalam mencari di atas adalah petunjuk dari kitab al-Mu’jam al-Mufahras saja yaitu hadis yang hanya terdapat dalam Sunan Ibn Ma>jah yang redaksinya berbunyi:
حدثنا هشام بن عمار حدثنا حفص بن سليمان حدثنا كثير بن شنظير عن محمد بن سيرين عن أنس بن مالك قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: طلب العلم فريضة على كل مسلم، وواضع العلم عند غير أهله كمقلد الخنازير الجوهر واللؤلؤ والذهب.[6]   
Artinya:
  “Diceritakan kepada kami oleh Hisya>m ibn ‘Amma>r, diceritakan kepada kami Hafs} ibn Sulaima>n, diceritakan kepada kami Kas\i>r ibn Syanz}i>r dari Muh}ammad ibn Si>ri>n dari Anas ibn Ma>lik berkata, Rasulullah saw. bersabda “Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim, dan orang yang meletakkan ilmu bukan pada ahlinya bagaikan orang yang mengikutkan babi dengan mutiara dan emas”. (HR. Ibn Ma>jah)
Berdasarkan petunjuk kitab al-Mu’jam di atas, ditemukan satu sanad hadis yang terdapat dalam kitab Sunan Ibn Ma>jah saja, sehingga hadis tersebut menjadi objek kajian kritik hadis ini dengan mengikuti metode tah}li>li> bukan metode maud}u>’i.   
C. I’tibar Hadis
Salah satu langkah terpenting dalam kritik hadis adalah i’tiba>r al-h}adi>s\ yaitu metode yang digunakan kritikus dalam meneliti sebuah hadis dengan membandingkan beberapa riwayat atau sanad untuk melacak apakah hadis tersebut diriwayatkan seorang perawi saja atau ada perawi lain yang meriwayatkannya dalam setiap t}abaqa>t/tingkatan perawi.[7] 
Dengan demikian, i’tiba>r al-h}adi>s\ merupakan langkah atau metode untuk mengetahui sebuah hadis memiliki al-sya>hid dan atau al-muta>bi’ atau tidak, di mana keduanya berfungsi sebagai penguat hadis, sebab al-sya>hid adalah hadis yang diriwayatkan oleh dua orang sahabat atau lebih, sedangkan al-muta>bi’ adalah hadis yang diriwayatkan dua orang setelah sahabat atau lebih, meskipun pada level sahabat hanya satu orang saja.[8] Namun dalam melakukan i’tiba>r al-h}adi>s\ dibutuhkan skema sanad sebagai metode yang dapat mempermudah pengetahuan  tentang al-sya>hid dan al-muta>bi’.
Namun karena keterbatasan al-Mu’jam al-Mufahras dalam mengungkap hadis-hadis yang semakna dengan hadis di atas hanya dalam al-kutub al-tis’ah saja,   maka pemakalah menggunakan CD-ROM al-Maktabah al-Sya>milah yang mencakup beberapa kitab sumber di luar al-kutub al-tis’ah. Berdasarkan hasil pencarian hadis di atas, didapatkan bahwa hadis yang mengungkap tentang hukum menuntut ilmu bagi setiap muslim memiliki beberapa sanad sebagai berikut:
1.    Musnad Abu> Ya’la>:
1-      حدثنا موسى بن محمد بن حيان حدثنا سهب بن حماد حدثنا حفص بن سليمان حدثنا كثير بن شنظير عن ابن سيرين عن أنس بن مالك قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم  "طلب العلم فريضة على كل مسلم".[9]
2-      حدثنا سريج حدثنا أبو حفص الأبار عن رجل من أهل الشام عن قتادة عن أنس قال: قال رسول الله صلى الله عليه و سلم "طلب العلم فريضة على كل مسلم".[10]
3-      حدثنا محمد بن أبي بكر حدثنا عبد الصمد حدثنا زياد قال: سمعت أنس بن مالك يقول: قال رسول الله صلى الله عليه و سلم "طلب العلم فريضة على كل مسلم".[11]
2.    Al-Mu’jam al-Ausat} li al-T}abra>ni>
1-      حدثنا أحمد بن عبد الوهاب قال حدثنا على بن عياش الحمصي قال حدثنا حفص بن سليمان عن كثير بن شنظير عن محمد بن سيرين عن أنس بن مالك قال قال رسول الله "طلب العلم فريضة على كل مسلم".[12]
2-      حدثنا أبو مسلم قال حدثنا مالك بن زياد الكوفي قال حدثنا حبان بن علي قال حدثنا مستلم بن سعيد عن زياد بن ميمون عن أنس بن مالك قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم "طلب العلم فريضة على كل مسلم".[13]
3-      حدثنا موسى بن سهل نا أبو تقي هشام بن عبد الملك ثنا المعافى بن عمران التجيبي نا إسماعيل بن عياش عن يونس بن يزيد الإيلي عن الزهري عن أنس بن مالك أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال "طلب العلم فريضة على كل مسلم".[14]
4-      حدثنا معاذ قال ثنا يحيى بن هاشم السمسار قال نا مسعر بن كدام عن عطية عن أبي سعيد الخدري قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم "طلب العلم فريضة على كل مسلم".[15]
5-      حدثنا مقدام نا عمي سعيد بن عيسى ويحيى بن بكير قالا نا مفضل بن فضالة عن ابي عروة البصري عن زياد بن أبي عمار عن أنس بن مالك قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم "طلب العلم فريضة على كل مسلم".[16]
3.    Hulyah al-Auliya>’ li al-As}baha>ni>
1-      حدثنا سليمان بن أحمد ثنا المقدام بن داود ثنا عمي سعيد بن عيسى ويحيى بن بكير قالا ثنا المفضل بن فضالة عن أبي عروة البصري عن زياد أبي عمار عن أنس بن مالك قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم "طلب العلم فريضة على كل مسلم".[17]
4.    Syu’ab al-I<ma>n li al-Baihaqi>
1-      أخبرنا أبو عبد الله الحافظ أخبرنا أبو الحسن علي بن محمد بن عقبة الشيباني حدثنا محمد بن علي بن عفان، (ح) وأخبرنا أبو محمد الأصبهاني أخبرنا أبو سعيد بن زياد حدثنا جعفر بن عامر العسكري قالا: حدثنا الحسن بن عطية عن أبي عاتكة وفي رواية أبي عبد الله حدثنا أبو عاتكة عن أنس بن مالك قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم "اطلبوا العلم ولو بالصين، فإن طلب العلم فريضة على كل مسلم".[18]
2-      أخبرنا أبو عبد الله الحافظ ثنا أبو العباس الأصم ثنا العباس بن محمد ثنا أبو النضر هاشم بن القاسم ثنا المستلم بن سعيد عن زياد بن عامر عن أنس بن مالك : أن النبي صلى الله عليه وسلم قال "طلب العلم فريضة على كل مسلم والله يحب إغاثة اللهفان".[19]
3-      أخبرنا أبو الحسن علي بن محمد بن علي المقرئ أنا الحسن بن محمد بن إسحاق ثنا يوسف بن يعقوب القاضي ثنا محمد بن أبي بكر ثنا حسان بن سياه ثنا ثابت عن أنس بن مالك: عن النبي صلى الله عليه وسلم قال "طلب العلم فريضة على كل مسلم".[20]
4-      أخبرنا أبو محمد بن يوسف ثنا أبو سعيد بن الأعرابي ثنا العباس بن عبد الله الترقفي ثنا رواد بن الجراح عن عبد القدوس عن حماد بن أبي سليمان عن إبراهيم قال: لم أسمع من أنس بن مالك إلا حديثا واحدا سمعته يقول : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم "طلب العلم فريضة على كل مسلم".[21]
5-      أخبرنا أبو الحسن علي بن محمد بن علي الأسفرايني ثنا أبو سهل بن زياد القطان ثنا الحسن بن مكرم ثنا يحيى بن هاشم ثنا شهر عن عطية عن أبي سعيد قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم "طلب العلم فريضة على كل مسلم".[22]
5.    Musnad al-Syiha>b li al-Qud}a>’i
1-      أخبرنا أبو مسلم محمد بن أحمد بن علي الكاتب ثنا عبد الله بن يحيى الأصبهاني ثنا عبد الله بن محمد بن زكريا الأصبهاني ثنا إسماعيل بن عمرو البجلي ثنا مسعر عن عطية العوفي عن أبي سعيد الخدري قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم "طلب العلم فريضة على كل مسلم".[23]
2-      وأخبرنا أبو محمد عبد الرحمن بن عمر التجيبي ثنا أبو سعيد بن الأعرابي ثنا عبد الرحمن هو بن خلف بن الحصين الضبي بن بنت مبارك بن فضالة أبو محمد يعرف بأبي رويق قال ثنا حجاج بن نصير ثنا المثنى بن دينار عن أنس قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم "طلب العلم فريضة على كل مسلم".[24]


Skema sanad:


D. Kritik Sanad
1.      Anas ibn Ma>lik
Anas ibn Ma>lik bernama lengkap Anas ibn Ma>lik ibn al-Nad}ar ibn D}amd}am ibn Zaid ibn H{ara>m ibn Jundub ibn ’A<mir ibn Ganam ibn ’Adi ibn al-Najja>r al-Ans}a>ri Abu> H{amzah. Dia menjadi pelayan Rasulullah saw. selama 10 tahun. Ulama berbeda pendapat tentang tahun wafatnya mulai dari tahun 91 H. hingga tahun 95 H. dalam usia antara 103 hingga 113 tahun.[25]   
Di antara gurunya Nabi Muh{ammad saw., Ubai ibn Ka’ab, S|a>bit ibn Qais, Jari>r ibn ’Abdillah, ’Umar ibn al-Khat}t}a<b dan lain-lain. Sedangkan muridnya antara lain ’Abd al-’Azi>z ibn S}uhaib, Muh{ammad ibn Si>ri>n, Sa’i>d ibn Jubair, Ibn Syiha>b al-Zuhri, ’Abd al-Rah{ma>n ibn Jubair dan lain-lain.[26]
2.      Muhammad ibn S>i>ri>n
Muh}ammad ibn Si>ri>n al-Ans}a>ri> saudara Anas, Ma’bad, Yah}ya>, H{afs}ah dan Kari>mah. Dia lahir 2 tahun sebelum akhir masa jabatan ‘Us\ma>n ibn ‘Affa>n dan wafat pada 9 syawal 110 H. dalam usia 77 tahun.[27] 
Di antara gurunya adalah Anas ibn Ma>lik, Zaid ibn S|a>bit, H}uz\aifah ibn al-Yama>n, Sulaima>n ibn ‘A<mir, Abu> Hurairah, ‘A<isyah, Ummu ‘At}iyyah, Yah}ya> ibn Abi> Ish}a>q al-H}adrami>. Sedangkan muridnya antara lain al-Syi’bi>, Da>ud ibn Abi> Hind, Mahdi> ibn Maimu>n, Hisya>m ibn H{assa>n, dan lain-lain.
Ibn Ma’i>n menilainya s\iqah, al-‘Ijli> juga menilainya s\iqah, Ibn Sa’ad menganggapnya s\iqah ma’mu>n.[28]
3.      Kas\i>r ibn Syanz}air
Nama lengkapnya adalah Kas|i>r ibn Syanz}air al-Ma>zini>. Diantara guru-gurunya adalah ‘At}a>’, Muja>hid, Muhammad ibn Si>ri>n, Yu>suf ibn Abi> al-Hakam. Adapun murid-muridnya diantaranya Hamma>d ibn Zaid, Hafs} ibn Sulaima>n, ‘Abd al-Wa>ris| ibn Sa’i>d, Aba>n ibn Yazi>d. Dari ibn Ma’i>n Isha>q ibn Mans}u>r berkata bahwa ia sa>lih}, Abu> Zur’ah berkata bahwa ia layyin, Imam al-Nasa>I berpendapat laisa bi al-qawiy, al-Bazza>r berkata ia laisa bihi ba’s|un, dan dari ibn Hazm Kas|i>r ibn Syanz}air al-Ma>zini> d{a’i>f  jiddan.[29]
4.      Hafs} ibn Sulaima>n
Nama lengkapnya adalah Hafs} ibn Sulaima>n al-Asadi> Abu> ‘Amr al-Bazza>z al-Ku>fi>. Ia lahir pada tahun 90 H dan wafat tahun 180 H. Diantara guru-gurunya adalah Isma>’il ibn Abd al-Rahma>n,  Kas|i>r ibn Syanz}air al-Ma>zini>, H}umaid al-Khas}s}a>f, T}alh}ah ibn Yah}ya, Yazi>d ibn Abi> Ziya>d dan lain-lain. Adapun murid-muridnya diantaranya Hisya>m ibn ‘Amma>r, Muhammad ibn al-H}asan, ‘Ali> ibn ‘Iya>sy, ‘Amr ibn al-S}aba>h}, Us|ma>n ibn al-Yama>n dan lain-lain. Dari Ahmad ibn H}anbal menyatakan bahwa ia s{a>lih{. Abd al-Rah}ma>n ibn Abi> Ha>tim berkata dari bapaknya matru>k al-h}adi>s|. Yahya ibn Ma’i>n menyatakan ia laisa bi s|iqah. Ali> ibn al-Madani> berkata ia d{a’i>f al-h{adi>s| demikian juga yang dikatakan oleh Abu> Zur’ah.Imam Bukhari mengatakan taraku>hu (tinggalkan ia), sedang Imam Muslim mengatakan Matru>k.  
5.      Hisya>m ibn ‘Amma>r
Nama lengkapnya adalah Hisya>m ibn ‘Amma>r ibn Nas}i>r ibn Mais{arah. Ia lahir pada tahun 153 H dan wafat pada tahun 245 H di Damaskus. Guru-gurunya adalah Hafs{ ibn Sulaima>n, Ibra>him ibn A’yun, Isma>’il ibn ‘iya>sy, Sa’ad ibn Sa’i>d dan lain-lain. Diantara murid-muridnya adalah Bukhari, Abu Daud, al-Nasa>i, ibn Majah, Ahmad ibn Hisya>m, Kha>lid ibn Ru>h dan lain-lain. Mu’a>wiyah ibn S{a>lih} mengatakan dari Yahya ibn Ma’i>n bahwa ia s|iqah, demikian juga dengan perkataan al-‘Ajali>. Al-Nasa>i berkata la> ba’sa bihi dan al-Da>ruqut{ni mengatakan s{udu>q, memiliki kedudukan yang besar.[30] 

E. Kritik Matan
Setelah melakukan kritik sanad maka langkah selanjutnya adalah kritik matan. Adapun matan hadis itu terdiri dari dua elemen yaitu teks atau lafal dan makna (konsep), sehingga unsur-unsur yang harus dipenuhi oleh suatu matan hadis yang s{ah{i>h{ yaitu terhindar dari syaz dan illat. Dua unsur inilah yang menjadi acuan utama untuk meneliti sebuah matan hadis.
Dari hasil penelitian sanad ditemukan seorang perawi yang bermasalah yakni H{afs{ ibn Sulaima>n. mengenai hal ini beberapa ulama menilai hadis diatas d{a’i>f. dalam kritik hadis dikemukakan bahwa ketika sanadnya d{a’i>f maka matannya tidak diteliti lagi karena secara langsung hal tersebut mempengaruhi kualitas matannya, namun dalam kajian ini perlu dijelaskan agar lebih mudah dipahami.
Teks asli hadis tersebut adalah طلب العلم فريضة على كل مسلم . Selain teks dari ibn Majah terdapat beberapa hadis pendukung yang akan diteliti. Dari teks atau lafal hadis tersebut ternyata ditemukan berbagai tambahan (Zawa>id) pada matannya. Adapun berbagai tambahan itu adalah:
-      Dari sunan ibn Majah terdapat tambahan kalimat وواضع العلم عند غير أهله كمقلد الخنازير الجوهر واللؤلؤ والذهب.
-       Dalam kitab Syu’a>b al-Ima>n al-Baihaqi> terdapat kalimat اطلبوا العلم ولو بالصين dan والله يحب إغاثة اللهفان.
Dari beberapa hadis yang dikemukakan, hanya ada tiga kalimat tambahan dari dua kitab hadis. Hal ini menunjukkan bahwa hadis ini merupakan riwa>yah bi> al-lafz{. Tambahan pada riwayat Ibn Majah menunjukkan makna bagaimana seharusnya menempatkan ilmu, sedangkan riwayat al-Baihaqi> yang pertama menunjukkan kesungguhan dalam menuntut ilmu dan hadis kedua   menunjukkan makna kecintaan Allah menolong seseorang dalam penderitaan atau kesedihan.

F.  Hasil Kritik  
Setelah mentakhrij dan memberikan kritik terhadap hadis diatas maka dapat diambil kesimpulan bahwa hadis diatas adalah lemah (d{a’i>f), dengan beberapa alasan sebagai berikut:
1.      Hadis tersebut memiliki sanad yang d{a’i>f. Tidak memenuhi kesahihan sanad   karena terdapat sya>z  didalamnya.
2.      Hadis-hadis yang menjadi muta>bi’ dan Sya>hid  juga dinilai lemah dan tidak dapat menaikkan status hadis tersebut. Hadis dalam kitab al-Baihaqi> dinilai oleh Imam Bukhari bahwa hadis tersebut majhu>l karena yang bermasalah adalah Hamma>d dan sama sekali tidak diterima hadisnya. Imam al-Baihaqi> sendiri menyatakan bahwa hadis ini sangat masyhur, sanadnya lemah dan diriwayatkan oleh beberapa jalur akan tetapi semuanya da’i>f.     


BAB III
PENUTUP
A.  Kesimpulan
Berdasarkan penjelasan dan pembahasan di atas, dapat dibuat beberapa poin sebagai hasil kesimpulan sebagai berikut:
1.        Hadis mengenai kewajiban menuntut ilmu memiliki banyak jalur. Selain diriwayatkan oleh Ibn Majah, hadis ini juga terdapat dalam beberapa kitab seperti musnad Abi> Ya’la, al-Mu’jam al-Kabi>r dan al-Mu’jam al-Aus{t{sertamu’jam al-S{agi>r  karya al-T{abra>ni>, kitab Syu’ab al-Ima>n li al-Baihaqi>, Hulyah al-Auliya>’ li al-As{baha>ni>, Musnad al-Sya>miyi>n dan Musnad al-S{iha>b li al-Qud{a>i>.
2.        Hadis tersebut adalah hadis yang matannya masyhur akan tetapi sanadnya lemah. Dari beberapa jalur hadis pendukung tidak satupun hadis yang dapat mengangkat derajat hadis tersebut karena semua sanadnya lemah. Pada riwayat Ibn Majah terdapat sanad yang lemah yakni Hafs{ ibn Sulaima>n, Syekh Alba>ni mengatakan bahwa riwayat tersebut sangat lemah ”d{a’i>f jiddaan”. Sehingga disepakati bahwa hadis tersebut adalah hadis d{a’i>f.       
B.    Implikasi
Hadis tentang kewajiban menuntut ilmu tidak dapat dipertanggung jawabkan sebagai sebuah hadis s{ah{ih{ karena dari hasil penelusuran ia merupakan hadis yang lemah. Namun, meskipun demikian hadis ini dapat dijadikan sebuah pegangan dalam menuntut ilmu asalkan tidak disandarkan pada istilah hadis s{ah{ih. Adapun jika bersandar pada hadis ini bukan berarti tidak mendapatkan faedah sama sekali melainkan didapatkan sebuah urgensi dan arti penting dari menuntut ilmu.  


DAFTAR PUSTAKA
‘Abd al-H}aq ibn Saif al-Di>n ibn Sa’dullah al-Dahlawi>, Muqaddimah fi> Us}u>l al-H{adi>s\, Cet. II; Beirut: Da>r al-Basya>ir al-Isla>miyah, 1406 H./1986 M.
A J. Weinsink, Diterjemahkan: Muhammad Fu’a><d ‘Abd al-Ba>qi, al-Mu’jam al-Mufahras li Alfa>z} al-H}adi>s\ al-Nabawi, Leiden: Maktabah Bril, 1936 H.
Abu> ‘Abdillah Muh{ammad ibn Sala>mah al-Qud}a>’i>, Musnad al-Syiha>b, Cet. II; Beirut: Muassasah al-Risa>lah, 1407 H./1986 M.
Abu> ‘Abdillah Muh}ammad ibn Yazi>d al-Qazwi>ni>, Sunan Ibn Ma>jah ,Beirut: Da>r al-Fikr, t.th.
Abu> al-Fad}l Ah}mad ibn ‘Ali ibn H{ajar al-‘Asqala>ni>, Tahzi>b al-Tahzi>b, Cet. I; Da>r al-fikr: Beirut.
Abu> al-H}ajja>j Yu>suf ibn al-Zaki al-Mizzi, tahzi>b al-Kama>l, Cet. I; Muassasah al-Risa>lah: Beirut, 1400 H/1980 M.
Abu> al-Qa>sim Sulaima>n ibn Ah}mad ibn Ayyu>b al-T}abra>ni>, al-Mu’jam al-Kabi>r, Cet. II; al-Mus}il: Maktabah al-‘Ulu>m wa al-H}ikam, 1404 H./1983 M.
Abu> al-Qa>sim Sulaima>n ibn Ah}mad ibn Ayyu>b al-T}abra>ni>, al-Raud} al-Da>ni>/al-Mu’jam al-S}agi>r, Cet. I; Beirut: al-Maktab al-Isla>mi>, 1405 H./1985 M.
Abu> al-Qa>sim Sulaima>n ibn Ah}mad ibn Ayyu>b al-T}abra>ni>, Musnad al-Sya>miyi>n, Cet. I; Beirut: Muassasah al-Risa>lah, 1405 H./1984 M.
Abu> Bakar Ah}mad ibn al-H}usain al-Baihaqi>, Syu’ab al-I<ma>n, Cet. I; Bairut: Da>r al-Kutub al-‘Ilmiyah, 1410 H.
Abu> Nu’ai>m Ah}mad ibn ‘Abdillah al-As}baha>ni>, Hulyah al-Auliya>’ wa T}abaqa>t al-As}fiya>’, Cet. IV; Beirut: Da>r al-Kita>b al-‘Arabi, 1405 H.
Abu> Ya’la> Ah}mad ibn ‘Ali ibn al-Mus\anna> al-Tami>mi>, Musnad Abi> Ya’la>, Cet. I; Damaskus: Da>r al-Ma’mu>n li al-Tura>s\, 1404 H./1984 M.
Drs. Hasjim Abbas, Kritik Matan Hadis Versi Muhaddisin dan Fuqaha, (Cet. I; Teras: Yogyakarta, 2004).
Hamzah al-Mali>ba>ri, al-Muwa>zanah bain al-Mutaqaddimi>n wa al-Muta’akhkhiri>n fi> Tas}h}i>h} al-Ah}a>di>s\ wa Ta’li>liha, Cet. II; t.t.: t.p., 1422 H./2001 M.
Mah}mu>d al-T}ah}h}a>n, Taisi>r Mus}t}alah} al-H}adi>s\, Cet. VIII; al-Riya>d{: Maktabah al-Ma’a>rif, 1407 H./1987 M.
Majallah al-Ta>rikh al-‘Arabi>, dikutip dari CD Rom Maktabah al-Sya>milah.
Rid}a> al-Di>n Muh{ammad ibn Ibra>hi>m al-H{alabi al-H{anafi, Qafw al-As\ar fi> S}afwah al-As\ar, Cet. II; Halb: Maktabah al-Mat}bu>’ah al-Isla>miyah, 1408 H.


[1]Drs. Hasjim Abbas, Kritik Matan Hadis Versi Muhaddisin dan Fuqaha, (Cet. I; Teras: Yogyakarta, 2004).
[2]Majallah al-Ta>rikh al-‘Arabi>, dikutip dari CD Rom Maktabah al-Sya>milah.
[3]A J. Weinsink, Diterjemahkan: Muhammad Fu’a><d ‘Abd al-Ba>qi, al-Mu’jam al-Mufahras li Alfa>z} al-H}adi>s\ al-Nabawi (Laeden: Maktabah Bril, 1936 H.), Juz. IV, h. 10.
[4]Ibid. Juz IV, h. 332.
[5]Ibid. Juz V, h. 115.
[6]Abu> ‘Abdillah Muh}ammad ibn Yazi>d al-Qazwi>ni>, Sunan Ibn Ma>jah (Beirut: Da>r al-Fikr, t.th.), Juz. I, h. 81.
[7]Mah}mu>d al-T}ah}h}a>n, Taisi>r Mus}t}alah} al-H}adi>s\ (Cet. VIII; al-Riya>d{: Maktabah al-Ma’a>rif, 1407 H./1987 M.), h. 142. dan Hamzah al-Mali>ba>ri, al-Muwa>zanah bain al-Mutaqaddimi>n wa al-Muta’akhkhiri>n fi> Tas}h}i>h} al-Ah}a>di>s\ wa Ta’li>liha (Cet. II; t.t.: t.p., 1422 H./2001 M.), h. 22.   
[8]Sebenarnya ada tiga definisi tentang al-sya>hid dan al-muta>bi’, namun mayoritas ulama hadis menggunakan definisi di atas. Lihat: ‘Abd al-H}aq ibn Saif al-Di>n ibn Sa’dullah al-Dahlawi>, Muqaddimah fi> Us}u>l al-H{adi>s\ (Cet. II; Beirut: Da>r al-Basya>ir al-Isla>miyah, 1406 H./1986 M.), h. 56-57.  Bandingkan dengan: Rid}a> al-Di>n Muh{ammad ibn Ibra>hi>m al-H{alabi al-H{anafi, Qafw al-As\ar fi> S}afwah al-As\ar, Juz. I (Cet. II; Halb: Maktabah al-Mat}bu>’ah al-Isla>miyah, 1408 H.), h. 64.    
[9]Abu> Ya’la> Ah}mad ibn ‘Ali ibn al-Mus\anna> al-Tami>mi>, Musnad Abi> Ya’la> (Cet. I; Damaskus: Da>r al-Ma’mu>n li al-Tura>s\, 1404 H./1984 M.), Juz. V, h. 223.
[10]Ibid. Juz. V, h. 283.
[11]Ibid. Juz. VII, h. 96.
[12]Abu> al-Qa>sim Sulaima>n ibn Ah}mad ibn Ayyu>b al-T}abra>ni>, al-Raud} al-Da>ni>/al-Mu’jam al-S}agi>r (Cet. I; Beirut: al-Maktab al-Isla>mi>, 1405 H./1985 M.), Juz. I, h. 7.
[13]Ibid. Juz. III, h. 57.
[14]Ibid. Juz. VIII, h. 195.
[15]Ibid. Juz. VIII, h. 258.
[16]Ibid. Juz. VIII, h. 347.
[17]Abu> Nu’ai>m Ah}mad ibn ‘Abdillah al-As}baha>ni>, Hulyah al-Auliya>’ wa T}abaqa>t al-As}fiya>’ (Cet. IV; Beirut: Da>r al-Kita>b al-‘Arabi, 1405 H.), Juz. VIII, h. 323.
[18]Abu> Bakar Ah}mad ibn al-H}usain al-Baihaqi>, Syu’ab al-I<ma>n (Cet. I; Bairut: Da>r al-Kutub al-‘Ilmiyah, 1410 H.), Juz. II, h. 253.
[19]Ibid. Juz. II, h. 253.
[20]Ibid. Juz. II, h. 253.
[21]Ibid. Juz. II, h. 253.
[22]Ibid. Juz. II, h. 253.
[23]Abu> ‘Abdillah Muh{ammad ibn Sala>mah al-Qud}a>’i>, Musnad al-Syiha>b (Cet. II; Beirut: Muassasah al-Risa>lah, 1407 H./1986 M.), Juz. I, h. 135.
[24]Ibid. Juz. I, h. 136.
[25]Abu> al-H}ajja>j Yu>suf ibn al-Zaki al-Mizzi, tahzi>b al-Kama>l, Juz I (Cet. I; Muassasah al-Risa>lah: Beirut, 1400 H/1980 M), h. 329.
[26] Ibid.
[27]Abu> al-Fad}l Ah}mad ibn ‘Ali ibn H{ajar al-‘Asqala>ni>, Tahzi>b al-Tahzi>b, Juz IX (Cet. I; Da>r al-fikr: Beirut), h.190.
[28]Ibid.  
[29]Ibid, Juz VIII,  h. 374.
[30]Abu> al-H}ajja>j Yu>suf ibn al-Zaki al-Mizzi, Op.cit., Juz 30, h. 242. 

0 komentar:

Poskan Komentar

apakah anda tidak menemukan yang anda cari??? silahkan tuliskan sesuatu yang anda cari itu....

FACEBOOK COMENT

ARTIKEL SEBELUMNYA

 
Blogger Templates