Abdul Gaffar, S. Th.I., M.Th.I.
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
Hadis Nabi merupakan sumber ajaran Islam sesudah kitab
suci al-Qur’an. Hadis adalah ucapan, perbuatan dan taqrir Nabi saw. yang mana
dalam risalah Islam merupakan teladan yang wajib diikuti dan memiliki otoritas
tersendiri yang wajib ditaati umat Islam seperti halnya al-Qur’an.
Hadis sendiri dalam sejarahnya merupakan sebuah
informasi akan tuntunan Rasulullah saw. Namun demikian terdapat perbedaan yang
sangat mendasar antara al-Qur’an dengan hadis baik pada tingkat kepastian teks
(qath`i al-wurud) maupun pada taraf kepastian argumen (qath`i al-dila>lah).
Dilihat dari periwayatannya, al-Qur’an semua periwayatan ayat-ayatnya
berlangsung secara mutawa>tir, sedangkan untuk hadis Nabi sebagian
periwayatannya berlangsung secara mutawa>tir dan sebagian lagi
berlangsung secara a>h{a>d.[1]
Dalam perjalanannya, hadis telah banyak mengalami
cobaan dan rintangan. Di antaranya adalah hadis terlambat dibukukan selama satu
abad lebih bila dibandingkan al-Qur’an.[2]
Dalam jarak waktu antara periode Nabi dan kodifikasi hadis Nabi yang begitu
panjang terjadi berbagai hal yang dapat menjadikan riwayat hadis itu menyalahi
apa yang sebenarnya berasal dari Nabi.[3]
Dengan banyaknya hadis-hadis yang beredar, hadis dihadapkan pada fakta tidak
adanya jaminan otentik yang secara eksplisit menjamin kepastian teks,
sebagaimana yang dimiliki al-Qur’an.
Untuk memisahkan keduanya, para ahli mengembangkan
berbagai metode penelitian, membuat istilah dan melakukan kritik. Ilmu kritik
dikembangkan dengan tujuan untuk mengetahui dengan pasti otentitas suatu
riwayat dan untuk menetapkan validitasnya dalam rangka memantapkan suatu
riwayat. Masalah kritik hadis (naqd al-hadi>s\) merupakan inti dari kajian-kajian dalam ilmu hadis.
Sebab dengan kritik hadis dapat diketahui mana hadis s}ah}ih} dan mana hadis tidak s}ah}ih}.[4]
Kritik hadis mencakup dua aspek, yaitu sanad dan matan
hadis. Dalam sejarahnya, kritik matan hadis muncul lebih awal daripada kritik
sanad. Kritik matan sudah ada pada zaman nabi, sementara kritik sanad baru
muncul setelah terjadinya fitnah dikalangan umat Islam yaitu perpecahan
dikalangan mereka menyusul terbunuhnya khalifah Utsman Ibn Affan.
Untuk menguji dan meningkatkan kemampuan dalam
melakukan kritik hadis, dibuat beberapa instrumen dengan berusaha meneliti
hadis-hadis yang masyhur di tengah-tengah masyarakat, padahal sering dinilai
lemah, bahkan palsu. Salah satu hadis yang sangat populer di tengah-tengah
masyarakat adalah azan di telinga kanan dan iqamat di telinga kiri pada saat
bayi dilahirkan.
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan
penjelasan dalam latar belakang di atas, dapat dibuat rumusan masalah sebagai
berikut:
1. Apa
saja langkah-langkah dalam melakukan kritik hadis?
2. Bagaimana
status hadis yang menjadi objek kajian?
BAB II
PEMBAHASAN
A. Hadis
Objek Kajian
Dalam makalan ini, hadis yang menjadi
objek kajian adalah hadis tentang azan terhadap anak yang baru dilahirkan,
sebab amalan tentang azan tersebut seakan menjadi sebuah kewajiban terhadap
anak yang baru dilahirkan dengan alasan bahwa ada hadis yang menjelaskannya.
Untuk mengungkap kebenaran pendapat tersebut, akan dilakukan kritik hadis
terhadap permasalahan azan tersebut.
B. Takhrij
al-Hadis
Sebagaimana
diketahui bahwa takhri>j al-hadi>s\ adalah menunjukkan posisi
hadis dalam kitab-kitab sumber yang meriwayatkannya dengan menggunakan beberapa
metode takhri>j al-H{adi>s\, seperti metode penggunaan salah satu
lafaz matan hadis dengan merujuk kepada kitab al-Mu’jam al-Mufahras li
Alfa>z\ al-H}adi>s\ al-Nabawi atau
menggunakan metode tematik dengan menggunakan kitab Kanz al-‘Umma>l yang
keduanya merupakan karya karya
A J. Weinsink yang dialihbahasakan
Muhamamd Fu’ad Abd al-Ba>qi<. Mencermati teks hadis yang tertera di
atas, dapat digunakan beberapa lafaz seperti الأذان، المولود،
الأذن.
Dalam
kitab Mifta>h Kunu>z al-Sunnah ditemukan judul الأذان
dengan
tulisan sebagai berikut:
الأذان فى أذن المولود= بد-ك 40 ب 106. حم= سادس ص9 و 391 و
392. ط= ح 970.[5]
Sedangkan dalam kitab al-Mu’jam
al-Mufahras…ditemukan penjelasan sebagai berikut:
رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم أذن فى إذن الحسن. د= أدب
107، ت= أضاحى 16، حم6= 9، 391، 392.[6]
Dari petunjuk dalam dua kitab tersebut, dapat ditemukan
beberapa hadis berkenaan dengan azan untuk bayi yang baru dilahirkan, di
antaranya:
1-
حدثنا مسدد ثنا يحيى عن سفيان قال حدثني عاصم بن عبيد الله
عن عبيد الله بن أبي رافع عن أبيه قال: رأيت رسول الله صلى الله عليه و سلم أذن في
أذن الحسن بن علي حين ولدته فاطمة بالصلاة.[7]
2-
حدثنا محمد بن بشار حدثنا يحيى بن سعيد و عبد الرحمن بن مهدي
قالا أخبرنا سفيان عن عاصم بن عبيد الله ن عن عبيد الله بن أبي رافع عن ابيه قال :
رأيت رسول الله صلى الله عليه و سلم أذن في أذن الحسن بن علي حين ولدته فاطمة
بالصلاة.[8]
3-
حدثنا وكيع قال: حدثنا سفيان عن عاصم بن عبيد الله عن عبيد الله
بن أبي رافع عن أبيه أن النبي صلى الله عليه وسلم أذن في أذن الحسن بن علي حين ولدته
فاطمة.[9]
4-
حدثنا يحيى بن سعيد عن سفيان عن عاصم بن عبيد الله عن عبيد
الله بن أبي رافع عن أبيه قال: رأيت النبي صلى الله عليه وسلم أذن في أذن الحسن
يوم ولدته بالصلاة.[10]
Dari sekian
hadis yang terungkap berdasarkan petunjuk dua kitab tersebut, tidak satupun
hadis yang menyebutkan tentang azan di telinga kanan dan iqamat di telinga
kiri. Hadis yang ada hanyalah menjelaskan tentang Nabi mengumandangkan azan
terhadap Hasan saat lahir.
Dengan
demikian, pemakalah kemudian mencari teks hadis yang menjelaskan tentang azan
di telinga kanan dan iqamat di telinga kiri dengan menggunakan CD-Rom al-Maktabah
al-Sya>milah. Dan hasilnya sebagai berikut:
1-
حدثنا جبارة
حدثنا يحيى بن العلاء عن مروان بن سالم عن طلحة بن عبيد الله عن حسين قال: قال
رسول الله صلى الله عليه وسلم: من ولد له فأذن في أذنه اليمنى وأقام في أذنه
اليسرى لم تضره أم الصبيان.[11]
2-
أخبرنا أبو
محمد بن فراس بمكة أنا أبو حفص الجمحي نا علي بن عبد العزيز نا عمرو بن عون أنا
يحيى بن العلاء الرازي عن مروان بن سالم عن طلحة بن عبيد الله العقيلي عن الحسين
بن علي قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: من ولد له مولود فأذن في أذنه
اليمنى وأقام في أذنه اليسرى رفعت عنه أم الصبيات.[12]
3-
وأخبرنا علي بن
أحمد بن عبدان أخبرنا أحمد بن عبيد الصفار حدثنا محمد بن يونس حدثنا الحسن بن عمر
بن سيف السدوسي حدثنا القاسم بن مطيب عن منصور ابن صفية عن أبي معبد عن ابن عباس أن
النبي صلى الله عليه وسلم: أذن في أذن الحسن بن علي يوم ولد فأذن في أذنه اليمنى
وأقام في أذنه اليسرى.[13]
4-
حدثنا النعمان بن
أحمد نا أحمد بن رشد بن خثيم الهلالي حدثني عمي سعيد بن خثيم عن حنظلة بن أبي سليمان
عن طاوس عن عبد الله بن عباس حدثتني أم الفضل بنت الحارث الهلالية قالت مررت بالنبي
صلى الله عليه و سلم وهو جالس بالحجر فقال يا أم الفضل قلت لبيك يا رسول الله قال إنك
حامل بغلام قلت يا رسول الله وكيف وقد تحالفت قريش أن لا يأتوا النساء قال هو ما أقول
لك فإذا وضعتيه فأتني به قالت فلما وضعته أتيت به النبي صلى الله عليه و سلم فأذن في
أذنه اليمنى وأقام في أذنه اليسرى...[14]
Dari dua
kelompok hadis yang tertera di atas, pemakah menentukan objek kajian kritik
hadis dalam makalah ini adalah hadis tentang azan di telinga kanan dan iqamat
di telinga kiri. Namun karena hadis tentang azan di telinga kanan dan iqamat di
telinga kiri mempunyai beberapa sanad, maka perlu kiranya menentukan satu matan
hadis yang menjadi objek kajian. Hal itu dilakukan karena kajian kritik hadis ini
mengikuti metode tahlili bukan metode maud}u>’i. Adapun matan hadis
yang menjadi objek kajian dalam makalah ini adalah hadis yang menyebutkan azan
di telinga kanan dan azan di telinga kiri, seperti berikut:
حدثنا جبارة
حدثنا يحيى بن العلاء عن مروان بن سالم عن طلحة بن عبيد الله عن حسين قال: قال
رسول الله صلى الله عليه وسلم: من ولد له فأذن في أذنه اليمنى وأقام في أذنه
اليسرى لم تضره أم الصبيان.[15]
Artinya:
Diceritakan
kepada kami oleh Jaba>rah, diceritakan kepada kami oleh Yahya> ibn
al-‘Ala> dari Marwa>n ibn Sa>lim dari T}alh{ah ibn ‘Abdillah dari
Husain berkata, Rasulullah saw. bersabda “Barang siapa yang melahirkan anak
lalu azan di telinga kanannya dan iqamat pada telinga kirinya, niscaya dia
tidak akan diganggu/dibahayakan oleh syetan”. (HR. Abu> Ya’la>)
C. Kritik
Sanad
Sebagaimana
telah dijelaskan sebelumnya, bahwa sanad dan matan hadis yang menjadi objek
kajian dalam makalah ini adalah hadis riwayat Abu> Ya’la>. Adapun nama-nama
periwayatnya adalah sebagai berikut:
1. Abu
Ya’la> bernama lengkap Ahmad ibn ‘Ali ibn al-Mus\anna> ibn Yahya> ibn
‘I<sa> ibn Hila>l al-Taimi> Abu Ya’la> al-Mus}ili al-h{a>fiz}
al-s\iqah muh}addis\ al-jazi>rah. Dia lahir pada bulan Syawal 210 H. dan
wafat pada tahun 307 H. penyusun kitab al-Musnad al-Kabi>r yang lebih
dikenal dengan nama Musnad Abi> Ya’la>.[16]
Di
antara gurunya Ah}mad ibn Ibra>hi>m al-Mawa>s}ili, Ish}a>q ibn
Mu>sa>, Bisyr ibn Hila>l, Jaba>rah ibn al-Muglis,
Zakariya> ibn Yahya> al-Raqa>syi, Yahya> ibn Ma’i>n dan yang
lain.[17] Al-H{a>kim menilainya s\iqah
ma’mu>n.
2. Jabarah
bernama lengkap Jaba>rah ibn al-Muglis al-Hima>ni Abu> Muhammad al-K u>fi.
Dia wafat pada tahun 241 H. di kota Kufah.
Di
antara gurunya adalah Ibra>him ibn ‘Us\ma>n, Hajja>j ibn Tami>m
al-Jazri, Hamma>d ibn Zaid, ‘Abdullah ibn al-Muba>rak, Yahya> ibn
al-‘Ala> al-Ra>zi, dan yang lain. Sedangkan muridnya antara lain Ibn
Ma>jah, Abu> Ya’la> Ahmad ibn ‘Ali ibn al-Mas\anna>,
Mu>sa> ibn Isha>q ibn Mu>sa> al-Ans}a>ri.
Yahya>
ibn al-Ma’i>n menilainya kaz\z\a>b, al-Bukha>ri menilai
hadisnya mud}t}arib, Ibn Nami>r menganggapnya s}adu>q karena
dia tidak bermaksud berdusta, Abu Zur’ah meriwayatkan hadisnya pada awal-awal,
setelah itu dia meninggalkan hadis Jaba>rah, Abu> H{a>tim
menganggapnya adil.
Dari
penilaian kritikus hadis di atas, dapat disimpulkan bahwa Jaba>rah diragukan
keadilan dan intelegensianya, bahkan kadang melakukan kedustaan meskipun tidak
ada unsur kesengajaan. Dengan demikian, hadis yang diriwayatkan dapat menjadi
lemah karenanya.[18]
3. Yahya
ibn al-‘Ala> bernama lengkap Yahya> ibn al-‘Ala> al-Bajli Abu>
Sala>mah, ada juga yang mengatakan Abu> ‘Amar al-Ra>zi ibn Akhi>
Syu’aib ibn Kha<lid keturunan Madinah. Tidak ditemukan keterangan tentang tanggal
wafatnya, akan tetapi menurut al-Bukhari, dia kemungkinan wafat antara tahun
150 hingga 160 H.
Di
antara guru-gurunya adalah Ibn Syiha>b al-Zuhri>, Yahya> ibn Sa’i>d
al-Ans}a>ri, Muhammad ibn Yahya>, S}afwa>n ibn Sulaim, T{alh{ah ibn
‘Ubaidillah al-‘Aqi>li, Marwa>n ibn Sa>lim. Sedangkan muridnya
antara lain Bisyr ibn al-Wali>d, Jaba>rah ibn al-Muglis, Sulaima>n
ibn al-Nu’ma>n al-Syaiba>ni, ‘Abd al-Razza>q ibn Hima>m, Mu’a>z\
ibn Ha>ni’, Yah}ya> ibn Sa’i>d al-‘At}t}a>r.
Ahmad
ibn Hambal menganggapnya kaz\z\a>b yad}a’ al-h}adi>s\, ibn
Ma’i>n berkata laisa bi s\iqah, laisa bi sya’i, ‘Amr ibn ‘Ali,
al-Nasa>i dan al-Da>ruqut}ni menilainya matru>k al-h{adi>s\, al-Jawazja>ni
syaikh wa>hin, Abu> Zur’ah menganggap hadisnya d}a’i>f,
Abu> Da>uf menganggapnya lemah, al-Sa>ji menilainya munkar
al-h}adi>s\ terdapat kelemahan padanya, al-Daula>bi menganggapnya matru>k
fi al-hadi>s\.[19]
4. Marwa>n
ibn Sa>lim bernama lengkap Marwa>n ibn Sa>lim al-Gifa>ri Abu>
‘Abdillah al-Sya>mi. Dia menghuni Jazirah Qarqi>si>, tapi konon
asalnya dari Damascus. Tidak ditemukan tanggal wafatnya.
Di
antara gurunya adalah al-Ah}was} ibn al-H{aki>m, Kha>lid ibn Ma’da>n,
S}afwan ibn Sulaim, T}alh}ah ibn ‘Ubaidillah al-‘Aqi>li, Yahya>
ibn al-H{akam. Sedangkan muridnya antara lain Baqiyah ibn al-Wali>d, ‘Abd
al-S{amad ibn ‘Abd al-Wa>ris\, Nu’i>m ibn H{amma>d al-Khuza>’i, Yah}ya>
ibn al-‘Ala>’ al-Ra>zi, dan yang lainnya.
Ahmad
ibn H{ambal, Abu> Ja’far al-‘Aqi>li dan al-Nasa>i berkata laisa bi
s\iqah, bahkan al-Nasa>i menilainya matru>k al-hadi>s\, al-Bukha>rid
an Muslim munkar al-h}adi>s\, Abu> H{a>tim mengatakan munkar
al-h{adi>s\ Jiddan d{a’i>f al-hadi>s\ laisa lahu h{adi>s\ qa>im.
Al-H{a>kim hadi>s\uh laisa bi al-Qa>im.[20]
5. T}alh}ah
ibn ‘Ubaidillah bernama lengkap T}alh}ah ibn ‘Ubaidillah al’Aqi>li. Dia
termasuk perawi yang tidak dikenal (majhu>l).
Di
antara gurunya adalah al-H{usain ibn ‘Ali ibn Abi> T{a>lib.
Sedangkan muridnya antara lain Zaid ibn Aslam, Marwa>n ibn Sa>lim.[21]
6. Husain
bernama lengkap al-Husain ibn ‘Ali ibn Abi> T{a>lib Abu> ‘Abdillah.
Ibunya adalah Fa>t}imah binti Rasulillah saw. Dia lahir pada tanggal 5
Sya’ban 4 H. Dia tewas pada hari sabtu 10 Muharram 61 H. di Karbala.[22]
Di
antara gurunya adalah kakeknya Rasulullah saw., ayahnya ‘Ali ibn Abi>
T{a>lib, ‘Umar ibn al-Khat}t}a>b.
sedangkan muridnya antara lain adalah Bisyir ibn Ga>lib, T}alh}ah ibn
‘Ubaidillah al’Aqi>li, ‘A<mir al-Syi’bi, putranya ‘Ali ibn al-Husain
ibn ‘Ali, dan yang lain.[23]
D. Kritik
Matan
Menurut M.
Syuhudi Ismail, langkah-langkah metodologis kegiatan penelitian matan hadis dapat
dikelompokkan dalam tiga bagian penelitian matan dengan melihat kualitas
sanadnya, penelitian susunan lafal berbagai matan yang semakna dan penelitian
kandungan matan.[24]
Arifuddin Ahmad
menambahkan bahwa penelitian matan hadis dibutuhkan dalam tiga hal tersebut
karena beberapa faktor, antara lain keadaan matan tidak dapat dilepaskan dari
pengaruh keadaan sanad, terjadi periwayatan makna dalam hadis, dan penelitian
kandungan hadis acapkali memerlukan pendekatan rasio, sejarah dan
prinsip-prinsip dasar Islam.[25]
Dengan
demikian, dalam makalah ini, penulis menggunakan tiga langkah metodologis
tersebut sebagai acuan.
1. Kualitas
Sanad Hadis yang Dikaji
Setelah
melakukan penelitian terhadap sanad hadis yang menjadi objek kajian dalam
makalah ini, ditemukan bahwa sanad hadis tersebut sangat lemah, bahkan ada
kemungkinan maud}u>’ (palsu). Hal itu dikarenakan semua perawinya
dinyatakan bermasalah. T}alh}ah misalnya termasuk perawi yang majhu>l, sedangkan
perawi-perawi setelah T}alh}ah} dinilai cacat oleh ulama kritikus hadis, bahkan
dinilai kaz\z\a>b atau memiliki hadis palsu.
Dengan
demikian, seharusnya penelitian terhadap matan hadis yang menjadi objek kajian
dalam makalah ini tidak dapat dilanjutkan karena sanadnya sudah tidak dapat
dipertanggungjawabkan.
2. Matan
Hadis yang Semakna
Penelitian
matan hadis dilakukan untuk melacak apakah terjadi riwa>yah bi
al-ma’na> sehingga lafal hadisnya berbeda dengan cara membandingkan
matan-matan hadis yang semakna.
Berdasarkan
penelusuran terhadap hadis-hadis tentang azan untuk bayi yang baru lahir
ditemukan dua matan sebagai berikut:
a. Matan
hadis riwayat Abu Ya’la>:
قال رسول الله "من ولد له فأذن
في أذنه اليمنى وأقام في أذنه اليسرى لم تضره أم الصبيان".
b.
Matan
hadis riwayat al-Baihaqi
قال رسول الله "من ولد له مولود
فأذن في أذنه اليمنى وأقام في أذنه اليسرى رفعت عنه أم الصبيات".
Dengan
membadingkan kedua matan hadis tersebut, terlihat jelas bahwa ada sedikit
perbedaan lafal antara lain:
1) Pada
matan pertama terdapat penambahan kata مولود
2) Terjadi perbedaan redaksi pada
kalimat terakhir di mana matan pertama menggunakan kalimat لم
تضره أم الصبيان sedangkan matan kedua menggunakan
kalimat رفعت عنه أم الصبيات. Namun
kedua redaksi tidak saling bertentangan satu sama lain karena maknanya tetap
sama.
Dengan
demikian, matan hadis pertama dan kedua dapat dikategorikan sebagai riwa>yah
bi al-ma’na> karena keduanya sama-sama menunjukkan satu peristiwa, yakni
sabda Nabi saw. tentang azan bayi di telinga kanan dan iqamat di telinga kiri,
namun kedua sanadnya sangat lemah.
3. Kandungan
Hadis yang Dikaji
Dalam
meneliti kandungan matan, perlu diperhatikan matan-matan atau dalil-dalil yang
lain yang berkenaan dengan topik masalah yang sama. Untuk mengetahui ada atau
tidaknya matan lain yang memiliki topik masalah yang sama, perlu dilakukan takhri>j
al-h}adi>s\ bi al-maud}u>’ (pencarian hadis secara tematik).
Berdasarkan
penelusuran terhadap hadis-hadis tentang azan untuk bayi yang baru lahir
ditemukan beberapa matan yang membahas tentang azan terhadap bayi yang
dilahirkan sebagai berikut:
a. Matan
hadis riwayat Abu Ya’la>:
قال رسول الله "من ولد له فأذن
في أذنه اليمنى وأقام في أذنه اليسرى لم تضره أم الصبيان".
b. Matan hadis riwayat al-Baihaqi
قال رسول الله "من ولد له مولود
فأذن في أذنه اليمنى وأقام في أذنه اليسرى رفعت عنه أم الصبيات".
c. Matan hadis riwayat al-Baihaqi
أن النبي صلى الله عليه وسلم "أذن
في أذن الحسن بن علي يوم ولد فأذن في أذنه اليمنى وأقام في أذنه اليسرى"
d. Hadis riwayat Abu> Da>ud,
al-Turmuz\i dan Ahmad
رأيت رسول الله صلى الله عليه و سلم أذن في أذن الحسن بن
علي حين ولدته فاطمة بالصلاة .
e. Matan hadis riwayat al-T}abra>ni
أم الفضل بنت الحارث الهلالية قالت
مررت بالنبي صلى الله عليه وسلم..... فلما وضعته أتيت به النبي صلى الله عليه و سلم
فأذن في أذنه اليمنى وأقام في أذنه اليسرى....
Matan-matan
hadis di atas dapat diklasifikasi dalam beberapa kategori karena peristiwa yang
berbeda atau dalam istilah hadis disebut tanawwu’[26]
sebagai berikut:
1) Matan
hadis pertama dan kedua dapat dikategorikan sebagai riwa>yah bi al-ma’na>
karena keduanya sama-sama menunjukkan satu peristiwa, yakni sabda Nabi saw.
tentang azan bayi di telinga kanan dan iqamat di telinga kiri, namun kedua
sanadnya sangat lemah.
2) Matan
hadis ketiga dan keempat juga dapat dikelompokkan menjadi satu peristiwa, yaitu
fi’li (perbuatan) Nabi terhadap bayi yang dilahirkan dengan
mengumandangkan azan, akan tetapi dalam matannya ada yang mendapatkan ziya>dah
yaitu riwayat al-Baihaqi karena pada dasarnya Nabi tidak ada penjelasan
penjelasan tentang posisi azan dan iqamah. Riwayat yang ada hanya menunjukkan
bahwa Nabi mengumandangkan azan terhadap bayi yang dilahirkan, sehingga sanad
yang kuat adalah sanad yang terdapat dalam Sunan Abi> Da>ud, Sunan
al-Turmuz\i dan Musnad Ahmad.
3) Sedangkan
matan hadis yang terakhir juga merupakan peristiwa lain, yaitu peristiwa
tentang Ummu Ha>ni’ yang dipesankan Nabi saw. agar membawa bayinya jika
kelak lahir untuk dikumandangkan azan dan iqamah pada kedua telinganya, namun
sanad hadis tersebut juga tidak dapat dijadikan hujjah karena salah satu perawinya
dinilai cacat.
Sementara
hadis yang terdapat dalam kitab Sunan al-Turmuz\i, Sunan Abi> Da>ud dan
Musnad Ahmad menggunakan teks yang berbeda, di mana matan hadis
kitab-kitab tersebut tidak menyebutkan secara spesifik telinga kanan dan
telinga kiri, seperti matan berikut:
عن أبى رافع قال: رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم أذن في
أذن الحسن بن علي حين ولدته فاطمة بالصلاة:
Artinya: dari
Abi> Ra>fi’
berkata
“Saya melihat Rasulullah saw. azan (seperti azan) shalat di telinga al-Hasan
ibn ‘Ali pada saat dilahirkan oleh Fa>timah. (HR. Abu> Da>ud,
al-Turmuz\i dan Ah}mad ibn H{ambal)
Oleh
karena itu, terjadi penambahan dari hadis tanpa menyebutkan azan dan iqamah,
begitu juga telinga kanan dan telinga kiri, bahkan terjadi perubahan dari hadis
fi’li menjadi hadis qauli.
Dengan
demikian, hadis yang menjadi objek kajian memiliki sanad lain dengan redaksi
yang sedikit berbeda karena terjadi periwayatan bi al-ma’na>. sedangkan
sanad lain yang semakna dengannya dapat dijadikan sya>hid atau muta>bi’
akan tetapi karena hadisnya juga lemah sehingga tidak dapat mendongkrak status
hadis yang dikaji.
E.
I’tibar Hadis
Untuk
mengatahui banyak tidaknya sanad sebuah hadis, diperlukan suatu metode atau
cara yang dikenal dalam istilah hadis dengan nama i’tiba>r al-h}adi>s\
yaitu suatu metode pengkajian dengan membandingkan beberapa riwayat atau
sanad untuk melacak apakah hadis tersebut diriwayatkan seorang perawi saja atau
ada perawi lain yang meriwayatkannya dalam setiap t}abaqa>t/tingkatan
perawi.[27]
Dengan
demikian, i’tiba>r merupakan langkah atau metode untuk mengetahui
sebuah hadis memiliki al-sya>hid dan al-muta>bi’ atau
tidak, di mana keduanya berfungsi sebagai penguat sanad, sebab al-sya>hid
adalah hadis yang diriwayatkan oleh dua orang sahabat atau lebih, sedangkan al-muta>bi’
adalah hadis yang diriwayatkan dua orang setelah sahabat atau lebih, meskipun
pada level sahabat hanya satu orang saja.[28]
Sedangkan skema
sanad dibutuhkan untuk lebih mempermudah mengetahui sebuah hadis, apakah
terdapat al-sya>hid dan al-muta>bi’ atau tidak. Di samping
itu, skema sanad juga mencantumkan t}abaqa>t/tingkatan para perawi
hadis dan tingkatan penilaian ulama kritikus hadis kepada setiap perawi.
Berdasarkan
hasil pencarian hadis di atas, didapatkan bahwa hadis yang mengungkap tentang
azan di telinga kanan dan iqamat di telinga kiri terdapat empat sanad. Namun
dari keempat sanad di atas, hanya ada dua sanad yang matannya sama, sedangkan
dua sanad yang lain matan hadisnya berbeda, dikarekan peristiwa yang berbeda,
meskipun kasusnya sama, yaitu masalah azan di telinga kanan dan iqamat di
telinga kiri.
Untuk mempermudah pelacakan
terhadap perbedaan tersebut, berikut adalah bagan periwayatnya:
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
Hadis qauli secara umum
|
Hadis qauli secara umum
|
Hadis fi’li tentang al-Hasan
|
Hadis
fi’li tentang anak Ummu al-Fad}l
|
Hadis
fi’li tentang al-Hasan tanpa azan dan iqamah
|
حسين
بن علي
|
حسين بن علي
|
إبن عباس
|
أم الفضل
|
أبو
رافع
|
طلحة
|
طلحة
|
أبو معبد
|
إبن عباس
|
عبيد
الله بن أبى رافع
|
مروان
بن سالم
|
مروان بن سالم
|
منصور بن صفية
|
طاوس
|
عاصم
|
يحيى
بن العلاء
|
يحيى بن العلاء
|
القاسم بن مطيب
|
حنظلة
|
سفيان
|
جبارة
|
عمرو بن عون
|
الحسن بن عمر
|
سعيد بن خثيم
|
يحيى/عبد
الرحمن
|
-
|
علي بن عبد العزيز
|
محمد بن يونس
|
أحمد بن راشد
|
مسدد/وكيع/بندار
|
-
|
أبو حفص
|
أحمد بن عبيد
|
النعمان بن أحمد
|
-
|
-
|
أبو محمد
|
على بن أحمد
|
-
|
-
|
أبو يعلى
|
البيهقى
|
البيهقى
|
الطبرانى
|
أحمد/الترمذى/أبو داود
|
Dari
bagan di atas jelas bahwa hadis yang mengandung matan yang sama terdapat pada
riwayat Abu> Ya’la> dan al-Baihaqi. Sementara riwayat al-Baihaqi dari Ibn
‘Abbas berbicara tentang apa yang dilakukan Nabi pada saat al-Hasan lahir
dengan menyebutkan azan dan iqamah, akan tetapi terjadi penambahan riwayat pada
al-Baihaqi karena riwayat Abu> Da>ud, al-Turmuz\i dan Ah}mad ibn H{ambal
tidak menyebutkan azan dan iqamah. Sedangkan riwayat al-T}abra>ni
menceritakan tentang peristiwa ummu al-Fad}l pada saat anaknya lahir. Dengan
demikian, hadis tersebut satu sama lain dapat menjadi al-sya>hid dan al-muta>bi’.
Skema sanad:
Penjelasan hal-hal yang terkait dengan skema
sanad:
Angka yang
terdapat di sebelah kanan setiap nama perawi menunjukkan t}abaqa>t
al-ra>wi sesuai dengan urutan nomor berikut:
2. T}abaqah
al-s}aha>bah
yang dijadikan satu tingkatan yang dimulai sejak masa Nabi saw. hingga masa
sahabat yang terakhir wafat (110 H.).
3. T}abaqah
kiba>r al-ta>bi’i>n yaitu ta>bi’i>n yang
paling banyak meriwayatkan hadis dari sahabat dan paling sering bertatap muka
dengan mereka.
4. T}abaqah
wust}a> al-ta>bi’i>n yaitu ta>bi’i>n yang
banyak meriwayatkan hadis dari sahabat dan dari pembesar ta>bi’i>n.
5. T}abaqah
s}iga>r al-ta>bi’i>n yaitu ta>bi’in yang paling banyak
meriwayatkan hadis dari ta>bi’i>n dan sedikit sekali bertemu
dengan sahabat.
6. T}abaqah
kiba>r atba>’ al-ta>bi’i>n yaitu seseorang yang paling banyak
meriwayatkan hadis dari ta>bi’i>n dan banyak bertemu mereka.
7. T}abaqah
wust}a> atba>’ al-ta>bi’i>n yaitu seseorang yang banyak
meriwayatkan hadis dari ta>bi’i>n dan dan pembesar ta>bi’i>n.
8. T}abaqah
siga>r atba>’ al-ta>bi’i>n yaitu seseorang yang paling banyak
meriwayatkan hadis dari kalangan atba>’ ta>bi’i>n akan tetapi
tidak banyak bertemu dengan para ta>bi’i>n.
9. T}abaqah
kiba>r ta>bi’ al-atba>’ yaitu seseorang yang paling banyak
meriwayatkan hadis dari kalangan atba>’ al-ta>bi’i>n dan banyak
berjumpa dengan mereka.
10. T}abaqah
wust}a> al-atba>’ yaitu seseorang banyak meriwayatkan hadis dari
kalangan atba>’ al-ta>bi’i>n dan pembesar ta>bi’
atba>’.[29]
Sedangkan angka
yang terdapat di sebelah kiri setiap nama perawi menunjukkan mara>tib
al-jarh wa al-ta’di>l sesuai dengan nomor urutan yang dapat diklasifikasi
dalam 12 tingkatan secara berurutan, mulai dari al-ta’di>l yang
tertinggi hingga al-jarh} yang paling rendah sebagai berikut:
1.
Setiap
ungkapan pujian yang menggunakan ism al-tafd}i>l atau s}i>gah
al-muba>lagah, seperti أوثق الناس، إليه المنتهى
فى التثبيت، فلان لا يسأل عنه، لا أعرف له نظيرا، لا أحد أثبت منه، dan
sejenisnya.
2.
Setiap
ungkapan pujian yang mengulang-ulangi kosa katanya, seperti ثقة
ثقة، ثقة ثبت، ثقة حافظ حجة، ثبت حجة dan
sejenisnya.
3.
Setiap
pujian yang menggunakan satu kata yang menunjukkan intelegensia yang kuat,
seperti
ثقة،
ثبت، متقن، حجة، إمام، ضاط، ثقة حافظ، صحيح الحديث dan
sejenisnya.
4.
Setiap
pujian yang menggunakan satu kata yang menunjukkan intelegensi yang kurang
sempurna, seperti صدوق، مأمون، لا بأس به، خيار الناس، dan yang semakna.
5.
Setiap
pujian yang menunjukkan sedikit berkurang kejujuran dan amanahnya, seperti شيخ،
صالح الحديث، حسن الحديث، محله الصدق، مقارب الحديث dan
sejenisnya.
6.
Setiap
pujian yang menunjukkan keraguan terhadap keadilannya, seperti مقبول صدوق إن شاء الله dan
sejenisnya.[30]
Sedangkan
mara>tib al-jarh} dari tingkatan yang lemah hingga yang paling
kuat/parah adalah sebagai berikut:
7.
Setiap kritikan/celaan
yang menunjukkan sedikit kelemahan perawi, seperti ليس
بذاك القوي، فيه مقال، ليس بحجة، فيه ضعف، غيره أوثق منه dan
sejenisnya.
8.
Setiap
kritikan yang menunjukkan kelemahan perawi dan keguncangan intelegensianya,
seperti مضطرب الحديث، لا يحتج بحديثه، ضعفوه، ضعيف، له مناكير، فى
حديثه شيئ dan
sejenisnya.
9.
Setiap
kritikan yang menunjukkan sangat lemahnya perawi, seperti رد
حديثه، مطرح الحديث، ضعيف جدا، لا يكتب حديثه، لا شيئ dan
kata yang semakna.
10. Setiap kritikan yang menunjukkan pada
kecurigaan dusta atau pemalsuan hadis terhadap perawi, seperti متهم
بالكذب، متهم بالوضع، يسرق الحديث، هالك، متروك، ليس بثقة dan
sejenisnya.
11. Setiap kritikan yang menunjukkan pada
kedustaan perawi atau pemalsuan hadis darinya seperti كذاب،
وضاع، دجال،يكذب، يضع dan
sejenisnya.
12. Setiap kritikan yang menunjukkan pada
puncak kedustaan atau pemalsuan hadis seperti أكذ الناس،
أوضع الناس، إليه المنتهى فى الوضع، إليه المنتهى فى الكذب dan
sejenisnya.[31]
Sementara
garis sanad yang ditebalkan dalam skema sanad di atas merupakan sanad yang
menjadi objek kajian dengan mencantumkan s}igat/lafaz yang digunakan
oleh para perawi hadis.
F.
Hasil Kritik
Merujuk pada takhrij
al-hadis hingga kritik hadis di atas, dapat dibuat kesimpulan bahwa hadis
yang menjadi kajian dalam makalah ini tidak dapat dipertanggungjawabkan atau
sangat lemah, bahkan cenderung maud}u>’ dengan beberapa alasan:
1. Hadis
tersebut tidak memenuhi kaidah kesahihan sanad, karena salah satu unsur kaidah
mayor yaitu bersifat adil dan d{a>bit}, karena kenyataannya terjadi syuz\u>z\
dalam sanadnya, padahal selamat dari syuz\u>z\ merupakan kaidah minor dari al-d{a>bt}.
2. Hadis-hadis
yang menjadi sya>hid atau muta>bi’ juga tidak dapat
dipertanggungjawabkan, sehingga tidak dapat mendongkrak status hadis tersebut.
Misalnya hadis riwayat al-T}abra>ni juga dianggap lemah karena salah satu
perawinya yaitu Ahmad ibn Ra>syid al-Hila>li dianggap cacat. Begitu juga
hadis riwayat al-Baihaqi di mana al-Qa>sim dinilai cacat oleh para kritikus
hadis. Sementara hadis riwayat al-T}abra>ni dari segi sanadnya lebih baik
akan tetapi hadis tersebut termasuk gari>b karena tidak satupun
perawi lain yang meriwayatkannya. Adapun hadis riwayat Abu> Da>ud,
al-Turmuz\i dan Ah{mad ibn H}ambal juga memiliki sanad yang sedikit bermasalah,
yaitu pada ‘A<s}im ibn ‘Ubaidillah, karena dinalai cacat oleh kritikus
hadis, khususnya dalam masalah al-d}abt}/intelegensianya.
3. Terjadi
perubahan matan hadis dari hadis fi’li menjadi hadis qauli,
sehingga tidak dapat dikategorikan sebagai riwa>yah bi al-ma’na>,
karena pada dasarnya riwa>yah bi al-ma’na> hanya terjadi perubahan
redaksi/teks, bukan perubahan subtansi, sedangkan kedua hadis tersebut
mengalami perubahan subtansi.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Berdasarkan
penjelasan dan pembahasan di atas, dapat dibuat beberapa poin sebagai hasil kesimpulan
sebagai berikut:
1.
Dalam melakukan kritik hadis paling tidak ada beberapa langkah yang
harus dilakukan antara lain:
a.
Melakukan kegiatan i’tibar untuk melacak keberadaan sanad-sanad lain
yang dapat menjadi sya>hid atau muta>bi’.
b.
Melakukan kritik sanad terhadap setiap perawi hadis.
c.
Melakukan kritik matan dengan memperhatikan status sanad, meneliti matan
hadis yang semakna dan meneliti kandungan matan.
d.
Membuat kesimpulan sebagai hasil dari kritik hadis.
2.
Setelah melakukan langkah-langkah penelitian hadis, dapat dipastikan
bahwa hadis yang menjadi objek kajian dalam makalah ini sangat lemah, bahkan
cenderung maud}u>’ karena terjadi perubahan dari hadis fi’li
menjadi hadis qauli. Sedangkan sanad-sanad yang lain yang dapat menjadi syahid
atau mutabi’ juga tidak dalam memenuhi syarat hadis s}ah}i>h},
karena masing-masing ada kecacatan dalam sanadnya.
B.
Implikasi
Sebagaimana telah ditetapkan bahwa hadis tentang azan
di telinga kanan dan iqamat di telinga kiri merupakan hadis yang sangat lemah,
maka konsekwensinya tidak dapat dipertanggungjawabkan sebagai pengamalan sebuah
hadis s}ah}i>h}. Meskipun demikian, azan dan iqamah terhadap anak yang
dilahirkan dapat dilakukan sebagai hasil hadis d}a’i>f atau ijtihad para
ulama, bukan berdasarkan hadis s}ah}i>h}.
DAFTAR
PUSTAKA
‘Abd al-Mauju>d Muhammad ‘Abd al-Lat}i>f. ‘Ilm
al-Jarh} wa al-Ta’di>l, diterj. Zarkasyi Humaidi, Ilmu Jarh wa
Ta’dil. Cet.
I; Bandung: Kima Media Pusakatama, 2003 M.
Abbas, Drs. Hasjim. Kritik Matan Hadis Versi
Muhaddisin dan Fuqaha. Cet. I; Teras: Yogyakarta, 2004 M.
Ahmad,
Arifuddin. Paradigma Baru Memahami Hadis Nabi. Cet. I; Jakarta:
Renaisan, 2005 M.
Al-‘Asqala>ni,
Abu> al-Fad{l Ahmad ibn ‘Ali ibn H{ajar. Tahz\i>b al-Tahz\i>b.
XI. Cet. I; Beirut: Da>r al-Fikr, 1404 H./1984 M.
Al-Baihaqi,
Abu> Bakar Ahmad ibn al-H}usain. Syu’ab al-I<ma>n. Juz. VI.
Cet. I; Beirut: Da>r al-Kutub al-‘Ilmiyah, 1410 H.
Al-Dahlawi>,
‘Abd al-H}aq ibn Saif al-Di>n ibn Sa’dullah. Muqaddimah fi> Us}u>l
al-H{adi>s\. Cet. II; Beirut: Da>r al-Basya>ir al-Isla>miyah,
1406 H./1986 M.
Al-Fah}l,
Ma>hir Ya>sin. Muh}a>d}ara>t fi> ‘Ulu>m al-H}adi>s\ (CD-ROM
al-Maktabah al-sya>milah).
Al-Mali>ba>ri,
Hamzah. al-Muwa>zanah bain al-Mutaqaddimi>n wa al-Muta’akhkhiri>n
fi> Tas}h}i>h} al-Ah}a>di>s\ wa Ta’li>liha. Cet. II; t.t.:
t.p., 1422 H./2001 M.
Al-Mizzi,
Yu>suf ibn al-Zaki> ‘Abd al-Rah{ma>n Abu> al-Hajja>j.Tahz\i>b
al-Kama>l. Cet. I; Beirut: Muassasah al-Risa>lah, 1400 H./1980 M.
Al-Nasa>i,
Abu> ‘Abd al-Rah}ma>n Ah}mad ibn Syu’aib. Kita>b al-D}u’afa>’ wa
al-Matru>ki>n. Cet. II; Beirut: Muassasah al-Kutub al-S|aqa>fah,
1407 H./1987 M.
Al-Sajasta>ni,
Abu> Da>ud Sulaima>n ibn al-Asy’as\. Sunan Abi Da>ud. Juz.
II. Beirut: Da>r al-Fikr, t.th.
Al-Sakha>wi,
Muhammad ibn ‘Abd al-Rah}ma>n. Fath} al-Mugi>s\. Juz. I. Cet>
I; Beirut: Da>r al-Kutub al-‘Ilmiyah, 1403 H.
Al-Suyu>t}i.
T}abaqa>t al-H}uffa>z} (CD-ROM al-Maktabah al-Sya>milah dikutip
dari http://www.alwarraq.com).
Al-Syaiba>ni,
Abu> ‘Abdillah Ahmad ibn Muhammad ibn Hambal. Musnad Ahmad ibn Hambal. Juz.
VI. Cet. I; Beirut: ‘A<lam al-Kutub, 1419 H./1998 M.
Al-T{abra>ni,
Abu> al-Qa>sim Sulaima>n ibn Ahmad. al-Mu’jam al-Ausat}. Juz.
IX. al-Qa>hirah: Da>r al-H{aramain, 1415 H.
Al-Tami>mi,
Abu> H}a>tim Muhammad ibn H}ibba>n ibn Ah}mad. Masya>hi>r
‘Ulama>’ al-Ans}a>r. Beirut: Da>r al-Kutub al-‘Ilmiyah, 1959 M.
Al-Tami>mi,
Ahmad ibn ‘Ali ibn al-Mus|anna> Abu Ya’la>. Musnad Abi> Ya’la>. Juz.
XII. Cet. I; Damsyiq: Da>r al-Ma’mu>n li al-Tura>s\, 1404
H./1984 M.
Al-Turmuz\i,
Abu> ‘I<sa> Muhammad ibn ‘I<sa>. Sunan al-Turmuz\i. Juz.
IV. Beirut: Da>r Ihya>’ al-Tura>s\ al-‘Arabi, t.th.
Al-Z|ahabi>,
Syams al-Di>n Muhammad ibn Ahmad Ibn ‘Us\ma>n. Taz\kirah al-H}uffa>z}.
Juz. XIV (Cet. IX; Beirut: Muassasah al-Risa>lah, 1413 H./1993 M.
Ismail, M. Syuhudi. Metodologi Penelitian Hadis
Nabi. Cet. I; Jakarta: Bulang Bintang, 1992 M.
Khaeruman, Badri. Otentisitas Hadis:Studi Kritis
atas Kajian Hadis Kontemporer. Cet. I, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004 M.
Mus}t}alah}
al-h}adi>s\ tanpa
pengarang dan penerbit yang dikutip dari (CD-ROM al-Maktabah al-Sya>milah).
Weinsink, A
J. Diterjemahkan: Muhammad Fu’a><d ‘Abd al-Ba>qi. al-Mu’jam
al-Mufahras li Alfa>z} al-H}adi>s\
al-Nabawi.
Juz. I. Laeden:
Maktabah Bril, 1936 H.
____________________. Mifta>h Kunu>z al-Sunnah,.
Lahor: Mat}ba’ah Ma’a>riff, 1398 H./1978 H.
[1]M.
Syuhudi Ismail, Metodologi Penelitian Hadis Nabi (Cet. I; Jakarta:
Bulang Bintang, 1992), h. 13.
[2]Badri
Khaeruman, Otentisitas Hadis:Studi Kritis atas Kajian Hadis Kontemporer,
(Cet. I, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004), h. 5.
[4]Drs.
Hasjim Abbas, Kritik Matan Hadis Versi Muhaddisin dan Fuqaha, (Cet. I;
Teras: Yogyakarta, 2004.
[5]A
J. Weinsink, Diterjemahkan: Muhammad Fu’a><d ‘Abd al-Ba>qi, al-Mu’jam
al-Mufahras li Alfa>z} al-H}adi>s\ al-Nabawi, Juz. I
(Laeden: Maktabah Bril, 1936 H.) h. 31.
[6]A
J. Weinsink, Diterjemahkan: Muhammad Fu’a><d ‘Abd al-Ba>qi, Mifta>h
Kunu>z al-Sunnah, (Lahor: Mat}ba’ah Ma’a>riff, 1398 H./1978 H.), h. 42.
[7]Abu> Da>ud Sulaima>n
ibn al-Asy’as\ al-Sajasta>ni, Sunan Abi Da>ud, Juz. II (Beirut:
Da>r al-Fikr, t.th.), h. 749.
[8]Abu> ‘I<sa> Muhammad
ibn ‘I<sa> al-Turmuz\i, Sunan al-Turmuz\i, Juz. IV (Beirut:
Da>r Ihya>’ al-Tura>s\ al-‘Arabi, t.th.), h. 97.
[9]Abu> ‘Abdillah Ahmad ibn
Muhammad ibn Hambal al-Syaiba>ni, Musnad Ahmad ibn Hambal, Juz. VI
(Cet. I; Beirut: ‘A<lam al-Kutub, 1419 H./1998 M.), h. 391.
[11]Ahmad ibn ‘Ali ibn al-Mus|anna>
Abu Ya’la> al-Tami>mi, Musnad Abi> Ya’la>, Juz. XII (Cet.
I; Damsyiq: Da>r al-Ma’mu>n li al-Tura>s\, 1404 H./1984 M.), h.
150.
[12]Abu> Bakar Ahmad ibn
al-H}usain al-Baihaqi, Syu’ab al-I<ma>n, Juz. VI (Cet. I; Beirut:
Da>r al-Kutub al-‘Ilmiyah, 1410 H.), h. 390.
[14]Abu> al-Qa>sim
Sulaima>n ibn Ahmad al-T{abra>ni, al-Mu’jam al-Ausat}, Juz. IX
(al-Qa>hirah: Da>r al-H{aramain, 1415 H.), h. 101.
[15]Ahmad ibn ‘Ali ibn
al-Mus|anna> Abu Ya’la> al-Tami>mi, Musnad Abi> Ya’la>, Juz.
XII (Cet. I; Damsyiq: Da>r al-Ma’mu>n li al-Tura>s\, 1404
H./1984 M.), h. 150.
[16]Al-Suyu>t}i, T}abaqa>t
al-H}uffa>z} (CD-ROM al-Maktabah al-Sya>milah dikutip dari http://www.alwarraq.com),
h. 60
[17]Syams al-Di>n Muhammad ibn
Ahmad Ibn ‘Us\ma>n al-Z|ahabi>, Juz. XIV (cet. IX; Beirut: Muassasah
al-Risa>lah, 1413 H./1993 M.), h. 179.
[18]Yu>suf ibn al-Zaki> ‘Abd
al-Rah{ma>n Abu> al-Hajja>j al-Mizzi, Tahz\i>b al-Kama>l (Cet.
I; Beirut: Muassasah al-Risa>lah, 1400 H./1980 M.), h. 489.
[19]Abu> al-Fad{l Ahmad ibn ‘Ali
ibn H{ajar al-‘Asqala>ni, Tahz\i>b al-Tahz\i>b, XI (Cet.
I; Beirut: Da>r al-Fikr, 1404 H./1984 M.), h. 229.
[20]Yu>suf ibn al-Zaki> ‘Abd
al-Rah{ma>n Abu> al-Hajja>j al-Mizzi, op.cit., Juz. XXVII, h.
392.
[22]Abu> H}a>tim Muhammad ibn
H}ibba>n ibn Ah}mad al-Tami>mi, Masya>hi>r ‘Ulama>’
al-Ans}a>r (Beirut: Da>r al-Kutub al-‘Ilmiyah, 1959 M.), 7.
[23]Yu>suf ibn al-Zaki> ‘Abd
al-Rah{ma>n Abu> al-Hajja>j al-Mizzi, op.cit., Juz. VI, h. 396.
[24]M. Syuhudi Ismail, op.cit.,
h. 113.
[25]Arifuddin Ahmad, Paradigma
Baru Memahami Hadis Nabi (Cet. I; Jakarta: Renaisan, 2005 M.), h. 109.
[26]Istilah tanawwu’ pada
dasarnya masih perlu diklasifikasi dalam beberapa bagian agar tidak terjadi
salah pemahaman terhadap istilah tersebut, karena tanawwu’ yang dapat
dijadikan dalam satu skema adalah tanawwu’ al-alfa>z} (lafaz yang
beraneka ragam tapi kasusnya sama) dan tanawwu’ al-wuqu>’ (kasus yang
berbeda). Sedangkan tanawwu’ al-maud}u’ (topik/pembahasan yang berbeda)
tidak dapat disatukan dalam satu skema sanad.
[27]Hamzah al-Mali>ba>ri, al-Muwa>zanah
bain al-Mutaqaddimi>n wa al-Muta’akhkhiri>n fi> Tas}h}i>h}
al-Ah}a>di>s\ wa Ta’li>liha (Cet. II; t.t.: t.p., 1422 H./2001
M.), h. 22.
[28]Sebenarnya ada tiga definisi
tentang al-sya>hid dan al-muta>bi’, namun mayoritas ulama
hadis menggunakan definisi di atas. Lihat: ‘Abd al-H}aq ibn Saif al-Di>n ibn
Sa’dullah al-Dahlawi>, Muqaddimah fi> Us}u>l al-H{adi>s\ (Cet.
II; Beirut: Da>r al-Basya>ir al-Isla>miyah, 1406 H./1986 M.), h.
56-57. Bandingkan dengan: Rid}a>
al-Di>n Muh{ammad ibn Ibra>hi>m al-H{alabi al-H{anafi, Qafw
al-As\ar fi> S}afwah al-As\ar, Juz. I (Cet. II; Halb: Maktabah
al-Mat}bu>’ah al-Isla>miyah, 1408 H.), h. 64.
[29]Muhammad ibn ‘Abd al-Rah}ma>n
al-Sakha>wi, Fath} al-Mugi>s\, Juz. I (Cet> I; Beirut:
Da>r al-Kutub al-‘Ilmiyah, 1403 H.), h. 149. Lihat juga: Ma>hir Ya>sin
al-Fah}l, Muh}a>d}ara>t fi> ‘Ulu>m al-H}adi>s\ (CD-ROM
al-Maktabah al-sya>milah), begitu juga, lihat buku yang berjudul Mus}t}alah}
al-h}adi>s\ tanpa pengarang dan penerbit yang dikutip dari (CD-ROM
al-Maktabah al-Sya>milah), h. 26.
[30]Abu> ‘Abd al-Rah}ma>n
Ah}mad ibn Syu’aib al-Nasa>I, Kita>b al-D}u’afa>’ wa
al-Matru>ki>n (Cet. II; Beirut: Muassasah al-Kutub al-S|aqa>fah,
1407 H./1987 M.), h. 16-17. Lihat juga: ‘Abd al-Mauju>d Muhammad ‘Abd
al-Lat}i>f, ‘Ilm al-Jarh} wa al-Ta’di>l, diterj. Zarkasyi Humaidi,
Ilmu Jarh wa Ta’dil (Cet. I; Bandung: Kima Media Pusakatama, 2003 M), h.
60-67.
[31]Muhammad ibn ‘Abd al-Rah}ma>n
al-Sakha>wi, op.cit., Juz. I, h. 372. Lihat juga: Muhammad ‘Ajja>j
al-Khat}i>b, op.cit., h. 276 dan ‘Abd al-Mauju>d Muhammad ‘Abd
al-Lat}i>f, op.cit., h. 70-74.
1 komentar:
Anapoker Bagi - bagi Chips FREE setiap Hari Jumat lho, Cara dapet lebih banyak chips? Kumpulkan TurnOver nya Setiap kali bermain ^^
Gabung sekarang yuk, Tunggu apalagi? Anapoker Situs Poker online Terpopuler di Indonesia..
Contact Untuk Info Lebih lanjut
Whatsapp : 0852 2255 5128
Line ID : agenS1288
Telegram : agenS128
Promo Bonus Untuk Member Baru AgenS128, Casino IDNLive :
Freebet Casino Online
sbobet alternatif
Freebet Casino Online Terbaru IDN Live
link sbobet
sabung ayam online
adu ayam
casino online
sabung ayam bangkok
ayam laga birma
poker deposit pulsa
deposit pulsa poker
deposit pulsa
deposit pulsa
deposit pulsa
Posting Komentar
apakah anda tidak menemukan yang anda cari??? silahkan tuliskan sesuatu yang anda cari itu....