Ni’matuz
zuhrah
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang.
“Al-Islam sha>lihun li
kulli zama>n wa maka>n”.
Term tersebut sudah sering kita dengar dan terbukti “kebenarannya”.
Bukan hanya karena pada dasarnya Islam adalah agama yang sesuai dengan fitrah
manusia, akan tetapi juga karena Islam adalah agama yang pangkal segala
geraknya adalah untuk kemaslahatan ummat.
Al-Qur’an yang merupakan sumber utama ajaran Islam mengklaim
sendiri bahwa agama ini sesuai dengan fitrah manusia (QS.Ar-Ru>m /30 : 30).
Kalau kita menyadari bahwa fitrah atau naluri kemanusian merupakan sesuatu yang
dimiliki oleh setiap manusia, kapan dan dimana saja, maka itu berarti Al-Qur’an
menyatakan bahwa ajaran agama yang diperkenalkannya sesuai dengan seluruh
manusia dalam tiap ruang dan waktu.[1]
Salah satu keistimewaan Islam yang berkaitan erat dengan perihal
“fitrah” tersebut adalah terkait dengan permasalahan al-Radha>’
(sepersusuan), dimana syariat Islam mengharamkan adanya pernikahan antara dua
orang yang memiliki hubungan karena sebab Radha>’ ini.
Hikmah dari pengharaman ini diantaranya adalah karena ketika seorang
wanita menyusui seorang bayi, maka air susunya ini akan menjadi makanan dan
penguat bagi si bayi , selain itu air susu dari sang wanita ini akan mengalir
ditubuh bayi tersebut dan berdampak pada pertumbuhannya. sehingga secara
otomatis, wanita ini menjadi seperti ibu kandungnya.[2]
Dalam Al-Qur’an Allah swt. berfirman :
Yang merupakan sambungan dari ayat yang membicarakan tentang
wanita-wanita yang diharamkan untuk dinikahi. Dalam ayat tersebut, terdapat
lafaz “Ummahat” yang berarti para ibu. Ini mengindikasikan bahwa tidak
seluruh wanita yang menyusui bisa dikategorikan sebagai wanita yang haram
dinikahi.
Secara teks, lafaz “Ummahat” disini mengandung arti bahwa
penyusuan yang dilakukan adalah secara langsung tanpa melalui perantara, dan
dalam kuantitas tertentu yang tidak sedikit. Karena hal ini, tanpa disadari
akan menyebabkan rasa kasih sayang antara yang menyusui dan yang disusui. [4] Ini
adalah fitrah yang dimiliki setiap manusia. Dan hubungan ini sangatlah kuat
seperti hubungan yang terjadi karena nasab (kelahiran). Sehingga kedudukan
wanita yang menyusui ini menjadi seperti ibu kandung sendiri.[5]
Oleh karena itu, Islam dari awalnya melarang pernikahan antara dua
orang yang terkait hubungan persusuan disamping hikmah-hikmah yang lain. Karena
permasalahan Radha>’ merupakan masalah istimewa, maka para ahli fiqih
senantiasa membahasnya.
Dan sebagai pembahasan kecil mengenai permasalahan tersebut,
selanjutnya penulis akan mencoba menjelaskan hal-hal yang terkait dengan Radha>’
sehubungan hadis yang ditugaskan.
B.
Rumusan Masalah.
Dengan melihat latar belakang yang telah dipaparkan, ada beberapa
poin permasalahanyang akan dibahas sebagai berikut :
1. Bagaimana
Takhri>j Hadi>s tentang Radha>’?
2. Bagaimana
biografi Ra>wi a’la hadis tersebut?
3. Serta
bagaimana Syarah hadis dan hukum yang berkaitan dengan hadis yang dimaksud?
BAB II
PEMBAHASAN
A. Hadis
tentang Radha>’.
حدثنا اسماعيل,قال : حدثني
مالك عن عبد الله بن أبي بكر عن عمرة بنت عبد الرحمن أن عائشة رضي الله عنها زوج
النبي صلى الله عليه و سلم أخبرتها : أن رسول الله صلى الله عليه و سلم كان عندها
وأنها سمعت صوت رجل يستأذن في بيت حفصة قالت عائشة : فقلت يا رسول الله هذا رجل
يستأذن في بيتك . قالت فقال رسول الله صلى الله عليه و سلم ( أراه فلانا ) . لعم
حفصة من الرضاعة فقالت عائشة لو كان فلان حيا - لعمها من الرضاعة - دخل علي ؟ فقال
رسول الله صلى الله عليه و سلم ( نعم إن الرضاعة تحرم ما يحرم من الولادة ).[6]
B.
Terjemahan.
‘Isma>il
telah bercerita kepada kami, Ma>lik telah menceritakan kepadaku dari
‘Abdullah ibn Abi> Bakr dari ‘Amrah binti ‘Abdur rahma>n bahwa A>’isyah
,Umm al-mu’mini>n mengatakan kepadanya bahwa ia bersama dengan Rasulullah
saw.. dan dia mendengar suara seseorang meminta izin untuk memasuki kamar
Hafshah. A>’isyah berkata “Ya Rasulullah, laki-laki ini meminta izin
memasuki rumahmu. Rasulullah berkata : “Saya menyangka ia
adalah paman sesusuan dari Hafsah, kemudian A>’isyah bertanya, “Bagaimana
jika orang ini masih hidup, apakah ia boleh masuk menemui saya ?, maka
Rasulullah saw. berkata , “ Ya, sebab persusuan mengharamkan seperti apa
diharamkan sebab kelahiran”.[7]
C.
Takhri>j
al-Hadi>s.
Dalam penelitian sebuah hadis,
guna mengetahui kualitas sebuah hadis
berikut dengan rangkaian sanad dan matannya secara benar dan lengkap diperlukan
langkah awal yaitu takhri>j hadi>ts. Kegiatan ini juga
memungkinkan kita untuk mengetahui adanya sya>hid dan muta>bi’
bagi hadis tersebut disamping letak dan eksistensinya dalam kitab-kitab hadis.[8]
Diantara metode takhri>j
hadit>s yaitu melalui lafaz-lafaz yang terdapat dalam matan hadis, para
penyusun kitab takhrij dengan metode ini menitik beratkan pada peletakan
hadis-hadisnya menurut lafaz-lafaz yang asing. Semakin ghari>b
(asing) suatu lafaz maka pencarian hadis akan semakin mudah dan efesien.[9] Salah satu kitab yang
menggunakan metode ini yaitu al-Mu’jam al-Mufahras li Alfa>dz
al-Hadi>s.
Berkaitan dengan hadis radha>’
diatas, penulis mentakhri>j hadi>s dengan menggunakan beberapa lafaz yang
terdapat dalam matan hadis .sebagai berikut :
1.
Lafaz "الرضاعة " :
2.
Lafaz "حرم" yang merupakan akar kata dari "يحرم" .
يحرم من الرضاع مايحرم من النسب....خ شهادات
7**, نكاح 20, 27, 117, خمس 4 ,, م رضاع 1, 2, 9 ,12,, د نكاح 6**,,
جه نكاح 34**,, دي نكاح 48**,, ط رضاع 1, 2, 16,, حم 1,
275 ,290,329, 339, 4, 4, 5, 6, 44, 51, 66, 72, 102, 178.[11]
حرموا من الرضاعة ماتحرمون من النسب.... خ
تفسير سورة33, 9,نكاح 27, ادب 93,, م رضاع 5,, حم 6, 72.[12]
3.
Lafaz "نسب" :
حرموا من الرضاعة
ما يحرم ,تحرمون من النسب.... خ تفسير سورة33, 9,نكاح
27, ادب 93,, م رضاع 5.[13]
وانه يحرم ,ان الله
حرم من الرضاعة ما يحرم, حرم من النسب .... خ
شهادات 7**, نكاح 20,, م رضاع 9, 13,, ,, د نكاح 6**,,ت رضاع
1,, ن نكاح 49, 50,, جه نكاح 34**,, حم 1, 133, 275**, 339,
6, 102.[14]
Demikian
hasil yang diperoleh dari kitab al-Mu’jam al-Mufahras li Alfa>dz al-hadi>s.
Hal ini memberikan informasi mengenai letak hadis-hadis yang semakna dalam
beberapa kitab hadis sumber (al-Kutub al-Tis’ah). Untuk lebih jelasnya,
dibawah ini kita bisa melihat hadis-hadis tersebut dengan matan dan sanad yang
lengkap.
1. Hadis riwayat Bukha>ri.
a.
Shahi>h
Bukha>ri, kitab Khums, bab 4 :
·
حدثنا عبد
الله بن يوسف , اخبرنا مالك عن عبد الله بن أبي بكر عن عمرة بنت عبد الرحمن (( أن
عائشة رضي الله عنها زوج النبي صلى الله عليه و سلم أخبرتها : أن رسول الله صلى
الله عليه و سلم كان عندها وأنها سمعت صوت انسان يستأذن في بيت حفصة, فقلت : يا
رسول الله هذا رجل يستأذن في بيتك . قالت فقال رسول الله صلى الله عليه و سلم (
أراه فلانا ) . لعم حفصة من الرضاعة- الرضاعة تحرم ما تحرم الولادة )).[15]
b.
Shahi>h Bukha>ri, kitab an-Nika>h, bab 21 :
·
حدثنا
اسماعيل,قال : حدثني مالك عن عبد الله بن أبي بكر عن عمرة بنت عبد الرحمن أن عائشة
رضي الله عنها زوج النبي صلى الله عليه و سلم أخبرتها : أن رسول الله صلى الله
عليه و سلم كان عندها وأنها سمعت صوت رجل يستأذن في بيت حفصة قالت عائشة : فقلت يا
رسول الله هذا رجل يستأذن في بيتك . قالت فقال رسول الله صلى الله عليه و سلم (
أراه فلانا ) . لعم حفصة من الرضاعة فقالت عائشة لو كان فلان حيا - لعمها من
الرضاعة - دخل علي ؟ فقال رسول الله صلى الله عليه و سلم ( نعم إن الرضاعة تحرم ما
يحرم من الولادة ).[16]
c.
Shahi>h Bukh>ari, kitab al-Nika>h, bab 28 :
· حدثنا عبدان, اخبرناعبدالله, قال : اخبرني يونس ,عن الزهري,قال :
حدثني قبيصةبن ذؤيب,انه سمع اباهريرة,يقول : نهي النبي صلى الله عليه وسلم ان تنكح
المراةعلى عمتها والمراة وخالتها,فنرى خالة ابيها بتلك منزلة,لان عروة حدثني عن
عائشة, قالت : حرموامن الرضاعة مايحرم من النسب.[17]
d.
Shahi>h Bukha>ri, kitab al-Syaha>da>t, bab 7 , hadis no. 2451 :
· حدثنا مسلم بن إبراهيم حدثنا
همام حدثنا قتادة عن جابر بن زيد عن ابن عباس رضي الله عنهما قال : قال النبي صلى الله
عليه و سلم في بنت: (( حمزة لا تحل لي يحرم
من الرضاع ما يحرم من النسب هي بنت أخي من الرضاعة )).[18]
e.
Shahi>h Bukha>ri, kitab al-Syaha>da>t, bab 7, hadis no. 2452 :
· حدثنا عبد الله بن يوسف أخبرنا
مالك عن عبد الله بن أبي بكر عن عمرة بنت عبد الرحمن أن عائشة رضي الله عنها زوج النبي
صلى الله عليه و سلم أخبرتها : أن رسول الله صلى الله عليه و سلم كان عندها وأنها سمعت
صوت رجل يستأذن في بيت حفصة قالت عائشة فقلت يا رسول الله أراه فلانا لعم حفصة من الرضاعة
فقالت عائشة يا رسول الله هذا رجل يستأذن في بيتك . قالت فقال رسول الله صلى الله عليه
و سلم ( أراه فلانا ) . لعم حفصة من الرضاعة فقالت عائشة لو كان فلان حيا - لعمها من
الرضاعة - دخل علي ؟ فقال رسول الله صلى الله عليه و سلم ( نعم إن الرضاعة تحرم ما
يحرم من الولادة )[19]
2.
Hadis Riwayat Muslim :
a.
Shahih Muslim, kitab al-Radha>’, bab 1 , hadis no. 1.
· حدثنا يحيى بن يحيى قال قرأت
على مالك عن عبد الله بن أبى بكر عن عمرة أن عائشة أخبرتها أن رسول الله -صلى الله
عليه وسلم- كان عندها وإنها سمعت صوت رجل يستأذن فى بيت حفصة. قالت عائشة فقلت يا رسول
الله هذا رجل يستأذن فى بيتك. فقال رسول الله -صلى الله عليه وسلم- « أراه فلانا ».
لعم حفصة من الرضاعة. فقالت
عائشة يا رسول الله لو كان فلان حيا - لعمها من الرضاعة - دخل على قال رسول الله -صلى الله عليه وسلم- « نعم إن الرضاعة تحرم ما تحرم الولادة »[20]
b.
Shahi>h Muslim, kitab al-Radha>’, bab 1, hadis no. 2
· وحدثناه أبو كريب حدثنا أبو
أسامة ح وحدثنى أبو معمر إسماعيل بن إبراهيم الهذلى حدثنا على بن هاشم بن البريد جميعا
عن هشام بن عروة عن عبد الله بن أبى بكر عن عمرة عن عائشة قالت قال لى رسول الله -صلى
الله عليه وسلم- « يحرم من الرضاعة ما يحرم من الولادة »[21]
c.
Shahi>h Muslim, kita>b al-Radha>’, bab 2, hadis no. 9 :
· حدثنا قتيبة بن سعيد حدثنا
ليث. ح وحدثنا محمد بن رمح أخبرنا الليث عن يزيد بن أبى حبيب عن عراك عن عروة عن عائشة
أنها أخبرته أن عمها من الرضاعة
- يسمى أفلح - استأذن عليها فحجبته فأخبرت رسول الله -صلى
الله عليه وسلم- فقال لها « لا تحتجبى منه فإنه يحرم من الرضاعة ما يحرم من النسب ».[22]
d.
Shahi>h Muslim, kitab al-Radha>’, bab 3, hadis no. 12 :
· وحدثنا هداب بن خالد حدثنا
همام حدثنا قتادة عن جابر بن زيد عن ابن عباس أن النبى -صلى الله عليه وسلم- أريد على
ابنة حمزة فقال « إنها لا تحل لى إنها ابنة أخى من الرضاعة ويحرم من الرضاعة ما يحرم من الرحم ».[23]
3.
Hadis Riwayat Abi> Da>ud :
a.
Sunan Abi> Da>ud, kitab al-Nika>h, bab 7, hadis no. 2055 :
· حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ
بْنُ مَسْلَمَةَ عَنْ مَالِكٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ دِينَارٍ عَنْ سُلَيْمَانَ
بْنِ يَسَارٍ عَنْ عُرْوَةَ عَنْ عَائِشَةَ زَوْجِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم-
أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « يَحْرُمُ مِنَ الرَّضَاعَةِ مَا يَحْرُمُ مِنَ الْوِلاَدَةِ
».[24]
4.
Hadis Riwayat Turmudzi :
a.
Sunan al-Turmudzi, kitab al-Radha>’, bab 1, hadis no.1146 :
· حدثنا أحمد بن منيع حدثنا
إسماعيل بن إبراهيم حدثنا علي بن زيد عن سعيد بن المسيب عن علي بن أبي طالب قال : قال
رسول الله صلى الله عليه و سلم إن الله حرم من الرضاع ما حرم من النسب قال وفي الباب عن عائشة
و ابن عباس و أم حبيبة[25]
b.
Sunan al-Turmudzi, kitab al-Radha>’, bab 1, hadis no.1147 :
· حدثنا بندار حدثنا يحيى بن
سعيد القطان حدثنا مالك ح وحدثنا إسحق بن موسى الأنصاري قال حدثنا معن قال حدثنا مالك
عن عبد الله بن دينار عن سليمان بن يسار عن عروة بن الزبير عن عائشة قالت : قال رسول
الله صلى الله عليه و سلم إن الله حرم من الرضاعة ما حرم من الولادة[26]
5.
Hadis Riwayat al-Nasa>’I :
a.
Sunan al-Nasa>’I, kitab al-Nika>h, bab 49, hadis no. 3300 :
· أخبرنا محمد بن عبيد الكوفي
قال حدثنا علي بن هاشم عن هشام بن عروة وأخبرني موسى بن عبد الرحمن قال ثنا حسين عن
زائدة عن هشام عن عبد الله بن أبي بكر عن أبيه عن عمرة قالت سمعت عائشة تقول قال رسول
الله صلى الله عليه و سلم : يحرم من الرضاع ما يحرم من الولادة.[27]
6.
Hadis Riwayat Ibn Ma>jah :
a.
Sunan Ibn Ma>jah, kitab al-Nika>h, bab 34, hadis no. 1937 :
· حدثنا أبو بكر بن أبي شيبة
. حدثنا عبد الله بن نمير عن الحجاج عن الحكم عن عراك بن مالك عن عروة عن عائشة :
- قالت قال رسول الله صلى الله عليه و سلم ( يحرم من الرضاع ما يحرم من النسب )[28]
7.
Hadis Riwayat al-Da>rimy> :
a.
Sunan al-Da>rimy>, kitab al-Nika>h, bab 47, hadis no. 2249 :
· أخبرنا صدقة بن الفضل ثنا
يحيى بن سعيد عن مالك حدثني عبد الله بن دينار عن سليمان بن يسار عن عروة عن عائشة
عن النبي صلى الله عليه و سلم قال : يحرم من الرضاعة ما يحرم من الولادة[29]
8.
Hadis Riwayat Imam Malik :
a.
Al-Muwattha>, kitab al-Radha>’, bab 3, hadis no. 15 :
· و حَدَّثَنِي يَحْيَى عَنْ
مَالِك عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ دِينَارٍ عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ يَسَارٍ وَعَنْ عُرْوَةَ
بْنِ الزُّبَيْرِ عَنْ عَائِشَةَ أُمِّ الْمُؤْمِنِينَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ يَحْرُمُ مِنْ الرَّضَاعَةِ مَا يَحْرُمُ مِنْ الْوِلَادَةِ.[30]
9.
Hadis Riwayat Imam Ahmad :
a.
Musnad Ahmad, juz 1, halaman 131 :
· حدثنا عبد الله حدثني أبي
ثنا وكيع ثنا سفيان عن على بن زيد عن سعيد بن المسيب قال قال على قلت : يا رسول الله
ألا أدلك على أجمل فتاه في قريش قال ومن هي قلت ابنة حمزة قال أما علمت انها ابنة أخي
من الرضاعة ان
الله حرم من الرضاعة ما حرم من النسب[31]
b.
Musnad Ahmad, juz 6, halaman 66 :
· حدثنا عبد الله حدثني أبي
ثنا حسن ثنا بن لهيعة ثنا أبو الأسود عن عروة بن الزبير عن عائشة أم المؤمنين ان رسول
الله صلى الله عليه و سلم قال : يحرم من الرضاعة ما يحرم من الولادة[32]
Dari perincian hadis-hadis diatas, kita bisa
menemukan beberapa hadis lain yang memiliki redaksi yang berbeda tetapi masih
semakna dengan hadis yang dibahas. Hadis-hadis tersebut menjadi sya>hid dan
muta>bi’ sehingga bisa menguatkan hadis yang dimaksud.
D. Biografi Ra>wi
al-A’la>.
Ra>wi al-A’la> (perawi pertama) dalam hadis ini adalah
Umm al-Mu’minin Aisyah Radiyallahu Anha yang merupakan salah satu istri
Rasulullah saw. Beliau lahir empat tahun setelah kenabian, maka usianya delapan
tahun lebih muda dari Fatimah az-Zahra. Rasulullah saw. sendiri
memperistrikannya pada tahun ke 2 H.[33]
Bapaknya adalah Abu
Bakar al-Shiddiq dan Ibunya bernama Zainab Ummu Ruman. Aisyah masuk Islam
bersama saudara perempuannya Asma’. Beliau mempelajari bahasa, Syair, ilmu
kedokteran, nasab nasab dan hari hari Arab .
Az-Zuhri
berkata : “ Andaikata ilmu yang dikuasai Aisyah dibandingkan dengan yang
dimiliki semua istri Nabi saw. dan ilmu seluruh wanita niscaya ilmu Aisyah yang
lebih utama”. Urwah mengatakan “ aku tidak pernah melihat seorangpun yang
mengerti ilmu kedokteran, syair dan fiqh melebihi Aisyah”.[34]
Aisyah
merupakan salah satu dari enam orang yang paling banyak meriwayatkan hadis.
Beliau meriwayatkan 2.210 hadis, 174 hadis di antaranya disepakati oleh Bukhari
dan Muslim, 54 hadis diriwayatkan oleh Bukhari secara bersendirian, dan 58
hadis diriwayatkan oleh Muslim.[35] Diantara keistimewaannya
beliau sendiri kadang kadang mengeluarkan beberapa masalah dari sumbernya,
berijtihad secara khusus, lalu mencocokannya dengan pendapat pada sahabat yang
alim.
Aisyah
meriwayatkan hadits dari ayahnya Abu Bakar, dari Umar, Sa’ad bin Abi Waqqa>sh,
Usaid bin Khudlair dan lain lain. Sedangkan sahabat yang meriwayatkan dari
beliau ialah Abu Hurairah, Abu Musa al-Asy’ari, Zaid bin Khalid al-Juhniy,
Syafiyah binti Syabah dan beberapa yang lain. Tabi’in yang mengutip beliau
ialah: Sa’id bin al-Musayyab, alqamah bin Qais, Masruq bin al-Ajda, Aisyah
binti Thalhal, Amran binti Abdirrahman, dan Hafshah binti Sirin. Ketiga wanita
yang disebutkan terakhir adalah murid murid Aisyah yang utama Ilmu Fiqh.
Sanad
yang paling shahih dari jalur Aisyah adalah yang diriwayatkan oleh Yahya bin
Sa’id dan Ubaidullah bin Umar bin Hafshin, dari Al Qasim bin Muhammad, dari
Aisyah. Juga diriwayatkan oleh az-Zuhri atau Hisyam bin Urwah, dari Urwah bin
az-Zubair, dari Aisyah. Yang paling Dhaif adalah yang diriwayatkan oleh
al-Harits bin Syabl, dari Umm an Nu’man dari Aisyah.[36]
Aisyah
wafat pada malam Selasa tanggal 17 Ramadhan tahun 57 H dalam usia 67 tahun.[37]
E. Kualitas
Hadis.
Albani
menilai hadis ini sebagai hadis shahi>h.[38] Sedang Abu> ‘I<sa> al-Turmudz\i> mengatakan
bahwa hadis tersebut h}asan s{ah}i>h.[39] Disamping itu
hadis tentang Radha’ ini telah disepakati kesahihannya oleh Imam Bukhari dan
Muslim, dan ditulis dalam kitab shahih keduanya yang merupakan kitab yang telah
diakui keabsahannya (Ashah al-Kutub ba’da Al-Qur’an).
Tambah
lagi, hadis ini diriwayatkan dalam beberapa kitab hadis yang lain, meski
terdapat redaksi yang berbeda akan tetapi hal ini menguatkan bahwa hadis yang
dibahas merupakan hadis yang berkualitas shahih.
F. Asba>b
al-Wuru>d al-Hadi>s.
Adapun
Asba>b al-Wuru>d hadis ini terdapat dalam matan hadis itu sendiri,
bahwa ketika Aisyah sedang bersama Rasulullah saw. dia mendengar suara seorang
laki-laki meminta izin untuk memasuki kamar Hafshah, dia pun memberitahukan hal
tersebut pada Rasulullah saw. Nabi saw. sendiri mengizinkan orang tersebut
untuk masuk karena menganggap bahwa ia merupakan paman sesusuan hafshah.
Kemudian Aisyah menanyakan perihal ini pada Rasul, maka Rasul saw. menjawab bahwa
apa saja yang diharamkan dengan sebab persusuan sama dengan apa yang diharamkan
karena sebab nasab.[40]
G. Syarh
al-Hadi>s.
1. Makna
Mufrada>t.
·
الرضاعة :
Kata الرضاعة
berasal dari kata رضع yang berarti
meminum susu dari الضرع (tetek kambing)
atau menghisap الثدي (payudara seorang
perempuan) dan meminum air susunya.[41] Secara terminologi term radha>’
berarti sampainya air susu seorang perempuan ke tenggorokan dan lambung seorang
anak berumur tidak lebih dari dua tahun. Dikatakan perempuan yang menyusui jika menyusui anaknya
waktu ke waktu (terus menerus) dan jika anak tersebut menyusui langsung dari
puting perempuan tersebut.[42]
·
النسب :
berarti القرابة (hubungan kekerabatan), dikatakan nasabnya pada Bani fulan
berarti ia merupakan bagian dari mereka. Sedang menurut Ibn Fa>ris kata
“al-nasab” merupakan ungkapan yang melambangkan hubungan (keterkaitan) antara
satu hal dengan hal yang lain. [43] Sedang secara istilah
kata “nasab” diartikan sebagai hubungan kekeluargaan antara seseorang yang satu
dengan yang lain dikarenakan kelahiran dan biasanya disandarkan pada pihak
bapak.
2. Makna
Frase dan Kalimat dalam hadis.
·
وأنها
سمعت صوت رجل : Dari hadis
diketahui bahwa rajul disini adalah paman sesusuan Umm al-Mu’minin
Hafshah, akan tetapi Imam Hajar al-‘Asqala>ny dalam kitabnya Fath
al-Ba>ri>, tidak berkomentar tentang siapa nama laki-laki yang dimaksud.[44]
·
لو كان
فلان حيا : Imam Hajar juga tidak
sepakat mengenai nama fulan yang dimaksud, sebagian ulama ada menafsirkan bahwa
orang yang dimaksud adalah Aflah saudara Abu al-Qa’i>s, karena Abu
al-Qa’i>s merupakan bapak susuan Aisyah, sehingga Aflah menjadi paman susuan
beliau.[45]
·
إن
الرضاعة تحرم ما يحرم من الولادة
: Kalimat ini memiliki beberapa redaksi yang berbeda, diantaranya :
-
حرموا من
الرضاعة مايحرم من النسب.
-
يحرم من الرضاع ما يحرم من النسب.
-
ويحرم من الرضاعة ما يحرم من الرحم.
Kesemua
redaksi diatas meski berbeda, memiliki kesamaan makna, yaitu apa yang menjadi
sebab pengharaman karena susuan sama dengan pengharaman karena nasab
(kelahiran). Sebaliknya, apa yang dibolehkan terhadap sebab Radha>’ maka
juga boleh karena hubungan nasab.
Lebih
rinci lagi dikatakan bahwa setiap perempuan yang haram dikawini karena hubungan
nasab, haram pula dikawini karena hubungan persusuan. Jadi, wanita manapun yang
telah menjadi ibu atau anak perempuan, saudara perempuan atau bibi (baik dari
pihak bapak maupun ibu), atau telah menjadi keponakan dari saudara sesuan
laki-laki maupun perempuan) karena persusuan, disepakati sebagai wanita-wanita
yang haram dikawini,[46] kesemuanya juga merupakan
wanita-wanita yang haram dinikahi karena hubungan nasab.
H. Pertalian
Mahram antara Anak susu dan Suami Wanita yang Menyusukan.
Dasar syari’at dari pengharaman karena sebab radha>’
adalah Firman Allah swt. dalam surah An-Nisa / 4 : 23 :
ôMtBÌhãm
öNà6øn=tã
öNä3çG»yg¨Bé&
öNä3è?$oYt/ur
öNà6è?ºuqyzr&ur
öNä3çG»£Jtãur
öNä3çG»n=»yzur
ßN$oYt/ur
ËF{$#
ßN$oYt/ur
ÏM÷zW{$#
ãNà6çF»yg¨Bé&ur
ûÓÉL»©9$#
öNä3oY÷è|Êör&
Nà6è?ºuqyzr&ur
ÆÏiB
Ïpyè»|ʧ9$#
ÇËÌÈ
Terjemahnya
:
“Diharamkan atas kamu (menikahi) ibu-ibu kamu ;
anak-anak kamu yang perempuan ; saudara-saudaramu yang perempuan,
saudara-saudara bapakmu yang perempuan ; saudara-saudara ibumu yang perempuan;
anak-anak perempuan dari saudara-saudara kamu yang laki-laki; anak-anak
perempuan dari saudara-saudaramu yang perempuan; ibu-ibu kamu yang menyusui
kamu; saudara-saudara perempuan sepersusuan…”.[47]
M. Quraish Shihab dalam tafsirnya mengatakan bahwa
dalam ayat ini diuraikan wanita-wanita yang haram dinikahi karena adanya faktor-faktor
ekstern yang dimulai penyebutannya dengan ibu-ibu kamu yang menyusui kamu, hal
ini karena persamaannya dengan ibu kandung dalam hal “menyusukan”. Sehingga
semua wanita yang pernah menyusui seorang anak dengan penyusuan yang memenuhi
syarat yang ditetapkan Allah dan Rasul-Nya, ia sama dengan ibu kandung.
Demikian juga haram dinikahi semua wanita yang
berhubungan keibuan dengan ibu susu itu, baik itu karena keturunan maupun
karena penyusuan. Sebagaimana haram juga menikahi saudara-saudara perempuan
sepersusuan yakni wanita yang mengisap lima kali penyusuan pada payudara yang
sama yang kamu isap, baik sebelum, bersamaan, ataupun sesudah kamu mengisapnya.[48]
Hukum yang dikandung dalam ayat diatas juga
ditaqyid dengan adanya Sabda Nabi saw melalui istri beliau, Umm al-Mu’minin
‘Aisyah :
((يحرم من الرضاعة ما يحرم من الولادة)).
Dengan
ayat dan Hadis tersebut, maka yang termasuk haram dinikahi karena hubungan Radha>’
adalah :
a. wanita
yang menyusukan.
b. Anak
perempuan ibu yang menyusukan (saudara)
c. Ibu
dari wanita yang menyusukan (nenek).
d. Ibu
dari suami wanita yang menyusukan (nenek)
e. Saudara
perempuan dari wanita yang menyusukan (bibi)
f.
Saudara perempuan dari suami
wanita yang menyusukan (bibi).
g. Anak
perempuan dari Anak laki-laki atau perempuan dari wanita yang menyusukan (keponakan).[49]
Adapun pertalian mahram antara anak yang disusui dengan
suami dari ibu yang menyusukan adalah sama halnya dengan pertalian mahram
antara anak dan bapak karena sebab nasab atau keturunan. Maka dari itu, suami
dari ibu yang menyusui menjadi bapak dari anak tersebut, dan saudara laki-laki
dari suami penyusu menjadi paman bagi anak yang disusui.[50]
Hal ini jelas seperti apa yang dikandung dalam
hadis ‘A>isyah diatas bahwa Rasulullah memerintahkan ‘A>isyah untuk memberi
izin kepada Aflah yang merupakan saudara dari Abu al-Qa’is - suami dari ibu
susuannya - dengan dasar bahwa karena dengan hubungan persusuan tersebut, maka Aflah menjadi paman dari
‘Aisyah seperti halnya paman dari nasab.
Dari hadis diatas diperoleh bahwa saudara dari
suami wanita yang menjadi ibu susuan
adalah mahram bagi yang disusui, apatah lagi suami dari wanita itu
sendiri. Dia menjadi bapak bagi anak yang disusukan oleh istrinya. Maka hal
tersebut akan berimplikasi pada haramnya pernikahan antara anak susuan dan
suami dari wanita yang menyusui dan kebolehan untuk berkhalwat.[51]
BAB
III
KESIMPULAN
1.
Setelah melakukan pencarian
dengan menggunakan Mu’jam al-Fahras li> Alfa>dz al-Hadi>ts,
maka dapat disimpulkan bahwa hadis tentang radha>’ diatas berkualitas
shahih, selain karena eksistensinya dapat ditemukan dalam berbagai kitab hadis
sumber (al-Kutub al-Tis’ah), juga terdapat dalam Shahih Bukhari-Muslim
yang telah diakui keshahihannya.
2.
Hadis tentang radha>’
tersebut diriwayatkan oleh ‘A>isyah yang merupakan istri Rasululullah saw.
yang telah diakui kecerdasannya dalam segala bidang, termasuk dalam ranah fiqh
dan pengambilan hukum. Dia juga merupakan
salah satu perawi hadis terbanyak dari Rasulullah saw.
3.
Hadis ‘Aisyah diatas mengandung
penjelasan mengenai status kemahraman antara saudara laki-laki dari suami
wanita yang menyusukan dengan anak yang disusui. Karena dia diibaratkan sebagai
“paman” bagi anak tersebut. jika saudara laki-laki bisa menjadi mahram karena susuan,
apatah lagi suami dari wanita yang
menyusui itu sendiri. Dia menjadi bapak bagi anak yang disusui istrinya seperti
kemahraman yang disebabkan karena hubungan nasab (keturunan).
4.
Apa yang menjadi mahram karena
sebab radha>’ atau susuan hukumnya sama dengan hubungan mahram karena
nasab atau keturunan. Kedua hal ini berimplikasi pada haramnya pernikahan dan
bolehnya berkhalwat seperti apa yang dijelaskan dalam hadis ‘A>isyah diatas.
DAFTAR
PUSTAKA
Al-Qur’a>n
al-Kari>m
Abu>
‘Abdillah Ahmad ibn Muhammad ibn Hambal, Musnad Ahmad ibn Hambal, Juz.
IV. Cet. I; Bairu>t: ‘A<lam al-Kutub, 1419 H./1998 M.
AJ.
Weinsink, Alihbahasa Muhamamd Fu’ad Abd al-Ba>qi<,al-Mu’jam
al-Mufahras li Alfa>z} al-Hadi>s\ al-Nabawi>, Juz. I, II, VI. London:
Maktabah Brill, 1936 H.
Al-‘Asqala>ni>,
Abu> al-Fad}l Ah{mad ibn ‘Ali ibn H{ajar. Fath} al-Ba>ri>. Juz.
9, Kairo : Da>r al-Taqwa li al-Tura>ts, 2000.
___________,
al-Isha>bah fi Tamyi>z al-Shaha>bah, Cet. I, Beirut : Da>r
al-Jail, 1412 H.
Al-Afri>qi>,
Muhammad ibn Mukrim ibn Manz\u>r. Lisa>n al-‘Arab. Bairu>t:
Da>r S}a>dir, t.th.
Al-As}bah{i>,
Abu> ‘Abdillah Ma>lik ibn Anas. Muwat}t}a’ Ma>lik. Mesir:
Da>r al-Hadi>s, 1992.
Al-Azdi>,
Abu> Da>ud Sulaima>n ibn al-Asy’as\ al-Sajasta>ni. Sunan Abi>
Da>ud, Juz. II. Kairo : Da>r al-Hadi>s, 1999.
Al-Ba>r,
Ibn ‘Abdul, Al-isti’a>b fi Ma’rifah al-Asha>b, CD-ROM al-Maktabah
al-Sya>milah.
Al-Bahu>ty>,
Manshu>r Yu>nus, Kassya>f al-Qina>’, Juz.V, Beirut : Da>r
al-Kutub al-‘Ilmiyah, t.th.
Al-Bukha>ri>,
Abu> ‘Abdillah Muhammad ibn Isma>’i>l. S}ah}i>h}
al-Bukha>ri>, Juz. I dan II, Kairo: al-Taqwa li al-Tura>ts, 2001.
Al-Da>rimy>, ‘Abdullah Ibn ‘Abdurrahman, Sunan
al-Da>rimy>, Juz.I ; Kairo : Da>r al-Hadi>ts, t.th.
Al-Dimasyqi>,
Ibnu Hamzah al-Husaini> al-Hanafi>. al-Baya>n wa al-Ta’ri>f
fi> Asba>b Wuru>d al-Hadi>s\ al-Syari>f,. Juz. II ; Beirut:
Maktabah al-‘Ilmiyah, 1982.
Al-Da>raquthny>,
Sunan al-Da>raquthny>, Cet. II, Beirut : Da>r al-Kutub
al-‘Ilmiyah, 2003.
Al-Naisabu>ri>,
Abu> al-Husain Muslim ibn al-Hajja>j. S}ah}i>h} Muslim, Juz.
10. Kairo : Maktabah al-Shaf>a>, 2003.
Al-Nasa>i,
Abu> ‘Abd al-Rah}ma>n Ahmad ibn Syu’aib. Sunan al-Nasa>i, Juz.
III ; Kairo : Da>r al-Hadi>s, 1999.
Al-Qalaishy>,
‘Ali> Ahmad, Ahka>m al-Usrah fi> al-Syari>’ah al-Islamiyah,Juz.I,
Cet. VIII, Sana>’ : Da>r al-Nasyr li al-Ja>ma’a>t, 2006.
Al-Qardha>wy,
Yu>suf, Fata>wa Mu’a>shirah, Juz.III, Kairo : Da>r al-Qalam,
2003.
Al-Qazwiny>,
Abu> ‘Abdullah Muhammad ibn Zaid, Sunan Ibn Ma>jah, Cet.I ; Kairo
: Da>r ibn al-Haitsam, 2005.
Al-Sa>biq,
Al-Sayyid. Fiqh al-Sunnah. Jil.II, Kairo: Da>r al-Fath, 1999.
Al-Turmuz\i>,
Abu> ‘I<sa> Muhammad ibn ‘I<sa>. al-Ja>mi’ al-S}ah{i>h}
Sunan al-Turmuz\i>. Jil. II ; Kairo : Da>r al-Hadis>, 2005.
Al-Zuhaili>,
Wahbah. al-Fiqh al-Isla>mi> wa Adillatuh. Cet. IV; Suriah: Da>r
al-Fikr al-Mu’a>s}ir, 1418 H./1997 M.
________________,
al-Fiqh al-Syafi>’I al-Muyassar, diterjemahkan oleh Muhammad Afifi
dan Abdul Hafiz, Fiqih Imam Syafi’I, Cet.I, Jakarta : almahira, 2010
Departemen Agama RI, al-Qur’an dan Terjemahannya, Jakarta ;
CV. Kathoda, 2005.
Mahdi,
Mahmu>d dan Musthafa Abu> al-Nashr al-Syalabi, Nisa>’ Haula
al-Rasu>l wa Radd ‘ala Muftaraya>t al-Mustasyriqi>n, diterjemahkan
oleh Abu Muqbil al-Atsari dan Abu Najiyah Muhaimin, Sirah Shahabiyah : Kisah
Para Shahabat Wanita, Pekalongan : Maktabah Salafy Press, 2007.
Mus}t}afa>,
Ibra>hi>m., dkk., al-Mu’jam
al-Wasit}, CD-ROM al-Maktabah al-Sya>milah.
Sa>’iy>,
Muhammad Nai>m Muhammad Ha>ni>, Mausu>’ah Masa>’il al-Jumhu>r fi al-Fiqh
al-Isla>my, Jil.II, Cet.II, Kairo : Da>r al-Sala>m, 2007.
Sa>lim,
Dala>l Muhammad Abu>, Min Hadyi al-Nubuwwah, Kairo : Ja>mi’atul
Azhar, t.th.
Shihab,
M. Quraish, Tafsi>r al-Misba>h ; Pesan, Kesan , dan Keserasian
Al-Qur’an ,Jil. 2, ed.Baru, Cet.I, Jakarta : Lentera Hati, 2002.
________________1001
Soal Keislaman Yang Patut Anda Ketahui, Cet.VIII ; Jakarta : Lentera Hati,
2010.
Qadi>r, Abu Muhammad Mahdi> ibn
Abdul, Turu>q al-Takhri>j Hadi>s Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi wa
Sallam, Diterjemahkan Oleh Aqil Husain al-Munawwar dab Ahmad rifqi Muchtar,
Metode Takhrij Hadis, (Semarang : Dina Utama, 1994) h.62.
Tha>hun,
Rati>bah Ibrahi>m khatta>b, Maba>hits fi> ‘ilmi
al-Takhri>j wa Dirasah al-Asa>ni>d, Kairo : Ja>mi’atul Azhar,
2004.
Zahwa,
Muhammad Abu>, al-Hadi>ts wa al-Muhadditsu>n, Beirut : Da>r
al-Fikri al-‘Araby>, t.th.
Zakariya>,
Abu> al-Husain Ah{mad ibn Fa>ris ibn. Maqa>yi>s al-Lugah. Bairu>t:
Ittiha>d al-Kita>b al-‘Arab, 1423 H./2002 M.
[1]M. Quraish Shihab, 1001 Soal Keislaman Yang Patut
Anda Ketahui
(Cet.VIII, Jakarta: Lentera Hati, 2010), h. 451-452.
[2]Wahbah al-Zuhaili, al-Fiqh
al-Syafi>’I al-Muyassar, diterjemahkan oleh Muhammad Afifi dan Abdul
Hafiz, Fiqih Imam Syafi’I (Cet. I, Jakarta: Almahira, 2010), h. 27.
[3] QS. An-Nisa/ 4 : 23.
[4]Yu>suf al-Qardha>wy>, Fata>wa
Mu’a>shirah, Juz. III (Kairo: Da>r al-Qalam, 2003), h. 317.
[5] al-Sayyid al-Sa>biq, Fiqh
al-Sunnah. Jil. II (Kairo: Da>r al-Fath, 1999), h. 362.
[6]Abu> ‘Abdillah Muhammad ibn
Isma>’i>l al-Bukha>ry>, Sh}ah}i>h} al-Bukha>ri>, Juz.
II (Kairo: al-Taqwa li> al-Tura>ts, 2001), h. 11.
[7]Terjemahan penulis.
[8]Rati>bah Ibrahi>m
khatta>b Tha>hu>n, Maba>hits fi> ‘ilmi al-Takhri>j wa
Dirasah al-Asa>ni>d (Kairo: Ja>mi’atul Azhar, 2004), h. 8.
[9]Abu Muhammad Mahdi> ibn Abdul
Qadi>r, Turu>q al-Takhri>j Hadi>s Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi
wa Sallam, Diterjemahkan Oleh Aqil Husain al-Munawwar dan Ahmad rifqi
Muchtar, Metode Takhrij Hadis
(Semarang: Dina Utama, 1994), h. 62.
[10]AJ. Weinsink, Alihbahasa
Muhamamd Fu’ad Abd al-Ba>qi<,al-Mu’jam al-Mufahras li Alfa>z}
al-Hadi>s\ al-Nabawi>, Juz. II (Leiden: Maktabah Brill, 1936 H), h.
255-256.
[13] Ibid, Juz. VI, h. 426.
[14] Ibid.
[15]al-Bukha>ry>, op. cit.,
h. 11.
[16] Ibid.
[17] Ibid, h. 15.
[18] Ibid, Juz. I, h. 639.
[20]Abu> al-Husain Muslim ibn
al-Hajja>j Al-Naisabu>ri>, S}ah}i>h} Muslim, Juz. XI (Kairo:
Maktabah al-Shaf>a>, 2003), h. 17.
[24]Abu> Da>ud Sulaima>n
ibn al-Asy’as\ al-Sajasta>ni al-Azdi>, Sunan Abi> Da>ud, Juz.
II (Kairo: Da>r al-Hadi>s, 1999), h. 877.
[25] Abu> ‘I<sa> Muhammad
ibn ‘I<sa> al-Turmudzi>, al-Ja>mi’ al-S}ah{i>h} Sunan
al-Turmuz\i>. Jil. II (Kairo: Da>r al-Hadis>, 2005), h. 295.
[26] Ibid.
[27]Abu> ‘Abd al-Rah}ma>n
Ahmad ibn Syu’aib al-Nasa>’i. Sunan al-Nasa>i, Juz. III (Kairo:
Da>r al-Hadi>s, 1999),h. 418.
[28]Abu> ‘Abdullah Muhammad ibn
Zaid al-Qazwiny>, Sunan Ibn Ma>jah (Cet. I; Kairo: Da>r ibn
al-Haitsam, 2005), h. 244.
[29]‘Abdullah Ibn ‘Abdurrahman
al-Da>rimy>, Sunan al-Da>rimy>, Juz. I (Kairo: Da>r
al-Hadi>ts, t.th), h. 643.
[30]Abu> ‘Abdillah Ma>lik ibn
Anas al-Asbahi, Muwat}t}a’ Ma>lik. (Mesir: Da>r al-Hadi>s,
1992), h. 419.
[31] Abu> ‘Abdillah Ahmad ibn
Muhammad ibn Hambal, Musnad Ahmad ibn Hambal, Juz. IV (Cet. I;
Bairu>t: ‘A<lam al-Kutub, 1419 H./1998 M), h.131.
[32]Ibid.
[33] Dala>l Muhammad Abu>
Sa>lim, Min Hadyi al-Nubuwwah
(Kairo : Ja>mi’atul Azhar, t.th), h. 87
[34] Abu> al-Fad}l Ah{mad ibn
‘Ali ibn H{ajar al-Asqala>ny>, al-Isha>bah fi Tamyi>z
al-Shaha>bah (Cet. I, Beirut : Da>r al-Jail, 1412 H), h. 701.
[35] Dala>l Muhammad Abu>
Sa>lim, Op. cit., h. 88
[36]H{ajar al-Asqala>ny>,
loc. cit.
[37]Ibn ‘Abdul al-Ba>r, Al-isti’a>b
fi Ma’rifah al-Asha>b, CD-ROM al-Maktabah al-Sya>milah.
[38]al-Qazwiny, op. cit., h. 224.
[39]al-Turmudzi>, op. cit.,
295.
[40]
Ibnu Hamzah al-Husaini> al-Hanafi al-Dimasyqi>. al-Baya>n wa
al-Ta’ri>f fi> Asba>b Wuru>d al-Hadi>s\ al-Syari>f,. Juz.
II (Beirut: Maktabah al-‘Ilmiyah, 1982), h. 352.
[41]Abu> al-Husain Ah{mad ibn
Fa>ris ibn Zakariya>. Maqa>yi>s al-Lugah (Bairu>t:
Ittiha>d al-Kita>b al-‘Arab, 1423 H./2002 M), h. 400 .
[42]Manshu>r Yu>nus
al-Bahu>ty>, Kassya>f al-Qina>’, Juz.V (Beirut: Da>r
al-Kutub al-‘Ilmiyah, t.th), h. 518.
[43]ibn Fa>ris ibn Zakariya>. Op.
cit., h. 339.
[44]H{ajar al-‘Asqala>ni>, Fath}
al-Ba>ri>, Juz. X (Kairo :
Da>r al-Taqwa li al-Tura>ts, 2000), h. 47.
[45] Ibid.
[46]Yu>suf al-Qardha>wy>, loc.
cit.
[48] M.Quraish Shihab, op. cit.,
h. 470.
[49] Al-Sayyid al-Sa>biq. Op.
cit., h. 355.
[51] Wahbah al-Zuhaily, op. cit.,
h. 32.
3 komentar:
apakah boleh seorang yang sudah besar laku meminum susu dari wanita lain itu menjadi mahram?
sip
Posting Komentar
apakah anda tidak menemukan yang anda cari??? silahkan tuliskan sesuatu yang anda cari itu....